HeadlineNews

Polisi Gagalkan Pengiriman Ganja dari Aceh ke Jakarta

Polisi Gagalkan Pengiriman Ganja dari Aceh ke Jakarta. (popularitas/dani)

POPULARITAS.COM – Satuan Reserse Narkoba Polresta Banda Aceh menggagalkan pengiriman 90 kilogram narkotika jenis ganja ke Jakarta. Pengiriman dilakukan melalui Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar.

Kepala Satuan Narkoba Polresta Banda Aceh, AKP Raja Aminuddin Harahap mengatakan, 90 kilogram ganja itu dimasukkan dalam tiga kotak, di mana masing-masing kotak berisi 30 kilogram ganja. Barang terlarang ini kemudian dikirim menggunakan salah satu jasa pengiriman pada (21/3/2021).

“Pengirim ganja itu memang terpantau di CCTV, pelakunya dua orang berinisial J dan R,” sebut Raja dalam konferensi pers di Mapolresta Banda Aceh, Selasa (16/3/2021).

Kata Raja, setelah dititipkan di jasa pengiriman itu, tersangka langsung pulang. Jasa pengiriman kemudian mengirim barang tersebut ke Jakarta melalui kargo Bandara SIM Blang Bintang.

Saat tiba di kargo, kata Raja, barang tersebut dilakukan pemeriksaan menggunakan X-Ray. Dari pemeriksaan itu, petugas bandara merasa curiga, sehingga membuka isi kotak tersebut.

“Sampai ke kargo diperiksa di X Ray, jadi mencurigakan, awalnya di jasa pengiriman ini tidak tahu bahwa itu ganja. Mereka menerima saja 3 box awalnya,” ujarnya.

Penemuan ganja ini, sambung Raja, kemudian diserahkan ke Satnarkoba Polresta Banda Aceh. Lalu, polisi melakukan penyelidikan dengan memeriksa saksi-saksi dan CCTV.

“Setelah kita dalami, kita buka CCTV, kita lihat si pengirimnya siapa, dari alamat dan nomor Hp yang ditinggalkan, ternyata nomor Hp itu palsu. Namun kita lakukan upaya pelacakan, sehingga kita tahu siapa pelakunya, berinisial J dan R,” katanya.

Menurut Raja, kedua tersangka itu saat ini sedang dilakukan pengejaran. Polisi menduga, kedua tersangka itu sudah melarikan diri ke luar Aceh.

“Yang bersangkutan karena mungkin kita kejar dan dia lari ke luar Aceh,” katanya.

Editor: dani

Shares: