News

Polisi Ungkap Identitas Dalang Kerusuhan di Rutan Sigli

Fasilitas Rutan Pidie yang terbakar .(IST)

SIGLI (popularitas.com) -Pihak Kepolisian sudah mengetahui otak dari aksi kerusuhan rumah tahanan Sigli, Pidie yang terjadi pada Senin 3 Juni 2019. Namun dalang pelaku tersebut masih terus diburu polisi setelah kabur bersama tiga Napi lainnya.

“Keterangan Napi, yang memprovokasi dan melakukan pembakaran Rutan adalah Ahmad Blong, Napi kasus narkoba. Ia bersama tiga Napi lain masih buron,” jelas Direskrimum Polda Aceh, Kombes Pol Agus Sartijo, Selasa 4 Juni 2019.

Baca: Tahanan Kabur Di Rutan Pidie Masih Berstatus Titipan Polres

Agus menjelaskan tujuh Napi dan tahanan kabur dari Rutan disaat kerusuhan, namun pada malam harinya tiga berhasil ditangkap, yaitu  Muksalmina (38), asal Blang Baro, Kecamatan Bandar Baru, Pidie Jaya,  Napi perkara sabu-sabu, divonis 4 tahun 3 bulan, Edi Saputra (19), asal Pante Raja Tunong, Kecamatan Pante Raja adalah  tahanan  perkara Sabu-sabu dan Herman (40), warga Muko Rayeuk, Kecamatan Bandar  Dua, Pidie  Napi kasus narkoba divonis 4 tahun penjara.

Sedangkan empat Napi kasus Narkoba lainnya  yaitu Marjo, Edi Laweung, Ahmad Blong dan Tgk Maimun Keumala masih dalam pengejaran petugas.

Dugaan sementara, kericuhan terjadi akibat masalah sepele, Sipir mengambil Dispenser yang selama Ramadan  ini digunakan Napi dan tahanan untuk memanaskan air. Alat itu adalah milik kantor yang dipinjamkan ke Napi. Namun pengambilan alat itu disebut tanpa sepengetahuan kepala rutan.

Selain membakar kantor Rutan, massa juga merusak sejumlah fasilitas lainnya. Kemudian menahan Kepala Rutan dan sejumlah sipir hingga malam hari. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, namun kerugian materi akibat kejadian itu ditaksir mencapai miliaran rupiah. (C-004)

Shares: