NewsSepakbola

Prancis kokoh di puncak usai hajar Irlandia 2-0

Prancis kokoh di puncak usai hajar Irlandia 2-0
Prancis kokoh di puncak usai hajar Irlandia 2-0. Foto: okezone.com

POPULARITAS.COM – Timnas Prancis semakin kokoh di puncak klasemen Grup B kualifikasi Euro 2024 seusai menghajar Timnas Irlandia dengan skor 2-0 di Stadion Parc des Princes, Paris, Jumat (8/9/2023) dini hari WIB.

Kemenangan Prancis pada laga ini hadir berkat gol yang dicetak oleh Aurelien Tchouameni serta Marcus Thuram, demikian catatan UEFA.

Kini Prancis berada di puncak klasemen sementara Grup B kualifikasi Euro 2024 dengan torehan 15 poin dari lima laga, sedangkan Irlandia menempati posisi empat dengan raihan tiga poin dari empat pertandingan.

Secara statistik Prancis mendominasi jalannya pertandingan dengan mencatatkan 63 persen penguasaan bola serta melepaskan 20 tendangan yang lima di antaranya tepat sasaran.

Pada pertandingan ini Prancis mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan tercatat mendominasi penguasaan bola pada 15 menit pertama, namun tidak ada peluang berbahaya yang tercipta.

Skuad asuhan Didier Deschamps akhirnya mampu memecah kebuntuan pada menit ke-19 berkat gol yang dicetak oleh gelandang asal Real Madrid Aurelien Tchouameni.

Berawal dari umpan yang dikirimkan oleh Kylian Mbappe, Tchouameni mampu menerima bola dan melepaskan tendangan keras yang tak bisa dibendung kiper Irlandia Gavin Bazunu sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Berhasil unggul satu gol, Prancis tetap mendominasi jalannya pertandingan, akan tetapi harus kehilangan penyerang gaek Olivier Giroud karena cedera dan digantikan oleh Marcus Thuram.

Selanjutnya memasuki babak kedua, Les Blues berhasil menggandakan keunggulan melalui gol yang dicetak oleh Marcus Thuram pada menit ke-48.

Keputusan Deschamps memasukkan Thuram untuk menggantikan Giroud yang cedera ternyata tepat karena penyerang Inter Milan tersebut berhasil membawa Prancis unggul 2-0 setelah menyambut bola pantul tendangan Mbappe.

Unggul dua gol, Prancis tetap bermain menyerang dan hampir menambah keunggulan andai tendangan Kingsley Coman tidak membentur tiang gawang Irlandia.

Pada sisa waktu pertandingan, Prancis tetap mendominasi jalannya pertandingan, sedangkan Irlandia sesekali melancarkan serangan, namun hingga usainya laga, skor 2-0 untuk kemenangan tuan rumah tetap bertahan. (ant)

Shares: