News

Presiden Jokowi pimpin upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya

Presiden Jokowi pimpin upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur pada Minggu (1/10/2023). ANTARA/Andi Firdaus

POPULARITAS.COM – Presiden RI Joko Widodo, Minggu (1/10/2023), pimpin upacara Hari Kesaktian Pancasila 2023 di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Upacara yang dimulai pada pukul 08.00 WIB itu, juga turut dihadiri Wapres Ma’ruf Amin, dan sejumlah pimpinan MPR dan DPR RI serta DPD RI, serta para Menteri Kabinet Indonesia Kerja.

Lanyalla Mattalitti bertugas membacakan teks Pancasila, Pembacaan Teks Pembukaan UUD 1945 dilakukan oleh Bambang Soesatyo, sementara Puan Maharani bertugas membacakan dan menandatangani Ikrar.

Kegiatan itu juga dihadiri tamu undangan dari sejumlah perwakilan dari negara sahabat.

Pasukan Hari Kesaktian Pancasila terdiri atas kompi Polwan, kompi Propam Polri, kompi TNI, dan diikuti perwakilan pelajar di Jakarta.

Usai menutup upacara, Presiden Jokowi beserta rombongan meninjau monumen sumur Lubang Buaya.

Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap 1 Oktober untuk mengenang tujuh anggota TNI Angkatan Darat yang gugur di Lubang Buaya pada 30 September 1965.

Berdasarkan surat Kemendikbud Nomor: 31328/MPK.F/TU.02.03/2023, tema Hari Kesaktian Pancasila 2023 adalah “Pancasila Pemersatu Bangsa menuju Indonesia Maju”. 

Editor : Hendro Saky

Shares: