HeadlineNews

Prof. dr. Muhammad Andalas Tutup Usia, Aceh Kehilangan Dokter Terbaik.

Prof.DR.dr. Muhammad Andalas, S.pOG/ Foto : Ist

POPULARITAS.com- Innalilahi wa inna ilaihi rajiun. Dunia Kedokteran Aceh kembali berduka, salah satu putra terbaik Aceh yang merupakan Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala (FK USK), Prof Dr dr H Mohd Andalas SpOG, meninggal dunia akibat sakit di Jakarta, Senin (11/1/2021) pukul 04.30 WIB.

Kabar duka tersebut diterima POPULARITAS.com dari beberapa grup WhatsApp jurnalis di Banda Aceh pesan berantai ini masuk sejak subuh. Prof Andalas dikabarkan mengembuskan napas terakhir pada pukul 04.30 WIB di Ruang ICU Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

Dari Informasi yang dihimpun media ini, sudah dua minggu dokter spesialis kandungan ini dirawat di rumah sakit RSCM karena sakit dibagian perut.

keluhan awal yang dirasakan Prof Andalas adalah sumbatan di saluran makanan (oesofagus).Kemudian, saat dilakukan pemeriksaan di Rumah Sakit Dharmais tidak ditemukan keganasan (kanker atau tumor). Namun, kondisinya makin hari semakin berat sampai paru-parunya pun berisi air.

Andalas lahir di Banda Aceh, meraih gelar dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat. Spesialis obgyn (SpOG)-nya ia raih di Universitas Padjadjaran Bandung.Pendidikan doktornya ia rampungkan di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Semasa hidupnya, Prof Andalas aktif di berbagai organisasi profesi dan kemasyarakatan. Selain di IDI Aceh, ia juga aktif di Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Aceh. dan juga aktif menulis tentang isu-isu kesehatan. Andalas juga mengelola sebuah klinik bersalin, yakni Klinik Putroe Phang, di Banda Aceh.

Andalas meninggalkan tiga anak, sedangkan istrinya sudah duluan meninggal dalam kecelakaan pesawat udara di Bandung, Jawa Barat, beberapa tahun silam.

jenazah Almarhum Mohammad Andalas direncanakan akan diterbangkan pulang ke Banda Aceh, pada penerbangan siang ini pukul 12.00 WIB, dengan pesawat Garuda Indonesia.

Shares: