News

4 Tanaman Ini Dapat Menghilangkan Debu di Dalam Ruangan

Tanaman hias ruber plant. (ist)

POPULARITAS.COM – Selain bermanfaat untuk memurnikan udara, ternyata tanaman hias juga memiliki manfaat lainnya yakni dapat mengurangi jumlah debu yang tersebar di dalam ruangan.

Dilansir dari Hunker, Sabtu (20/2/2021), menurut penelitian NASA, tanaman hias terbukti mampu menurunkan kadar debu hingga 20 persen. Debu yang terhirup dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk serangan asma.

Selain itu, tanaman hias yang diletakkan di dalam ruangan juga dapat menstabilkan kelembapan dalam ruangan.

Lantas, tanaman hias apa saja yang bisa membantu mengurangi debu di dalam ruangan? Simak ulasannya berikut ini.

  1. Rubber Plant

Rubber Plant atau tanaman karet dianggap sebagai salah satu tanaman pembersih udara dalam ruangan yang paling efektif.

Saat mengumpulkan butiran debu, tanaman karet juga membantu menghilangkan polusi di dalam ruangan dengan menyerap karbon monoksida, karbon dioksida, dan polutan lainnya.

Tanaman ini sangat mudah dirawat tetapi jangan terlalu banyak penyiraman.

  1. Ivy

Semua bentuk tanaman ivy sangat baik dalam mengurangi debu. English ivy, misalnya, sangat mudah diatur dan tumbuh dengan baik di dalam ruangan.

Selain menghilangkan debu dalam ruangan, ivy juga efektif menghilangkan formaldehida dan benzena.

  1. Dripping Guanyin

Dripping guanyin atau dikenal juga dengan dripping lotus merupakan jenis tanaman bonsai yang berfungsi untuk mengurangi debu di dalam ruangan.

Tanaman ini tumbuh subur di lingkungan yang lembab, jadi akan sangat membantu untuk mengaburkan daunnya dengan air.

Getah dan tetesan air yang berasal dari tanaman dapat menjadi racun jika dikonsumsi, jadi letakkan tanaman ini jauh dari jangkauan hewan dan anak-anak.

  1. Areca Palm

Areca palm atau Chrysalidocarpus lutescens, memiliki salah satu tingkat transpirasi tertinggi dari semua tanaman hias dan sangat efektif dalam menambahkan kelembaban ke udara dalam ruangan. Menurut ilmuwan NASA Bill Wolverton, tanaman melepaskan “sejumlah besar kelembaban ke udara”.

Satu telapak setinggi 6 kaki dapat mengeluarkan hingga 1 liter air setiap 24 jam.

Areca palm adalah tanaman tahunan yang lebih menyukai sinar matahari penuh, tanah lembap dan suhu yang lebih hangat. Perawatan areca palm relatif rendah, tetapi membutuhkan pemangkasan sesekali.

Pangkas daun yang menguning atau berbintik-bintik cokelat di pangkalnya dan potong daun pelepah cokelat yang kering jika Anda mau. Pastikan untuk menyediakan air yang cukup bagi pohon pinang atau daunnya akan menguning.

Sumber: kompas

Shares: