News

Prosesi peusijuk Aceh adat damaikan lima kelompok mahasiswa

Prosesi peusijuk Aceh adat damaikan lima kelompok mahasiswa
Peusijuk adat lima paguyuban mahasiswa yang bentrok beberapa waktu lalu, Minggu (5/11/2023). FOTO : Humas Polresta Banda Aceh

POPULARITAS.COM – Prosesi peusijuk adat warna perdamaian lima kelompok paguyuban mahasiswa. Acara terebut dilangsungkan di SMK Negeri 1 Banda Aceh, Minggu (5/11/2023).

Prosesi peusijuk tersebut, merupakan tindak lanjut dari kesepakatan damai yang libatkan lima paguyuban mahasiswa yang sempat bentrok beberapa waktu lalu. Hadir dalam kegiatan itu, perwakilan paguyuban mahasiswa, yakni, Aceh Selatan, Aceh Barat Daya, Aceh Tengah, Bener Meriah, dan Gayo Lues.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli mengatakan, peusijuek itu sendiri dilakukan merupakan implementasi dari semangat para mahasiswa yang bentrok untuk berdamai.

“Alhamdulillah ada semangat yang sama untuk mengakhiri peristiwa yang terjadi. Dan diteruskan ke tokoh-tokoh masyarakat di lima kabupaten. Disini hadir semua dari tokoh masyarakat, mahasiswa dan Penjabat Bupati,” kata Fahmi.

Sementara itu, Pj Sekda Banda Aceh, Wahyudi turut mengapresiasi Polresta Banda Aceh yang telah memfasilitasi dan mendapat kesepakatan damai.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi hari perdamaian dan tidak terjadi lagi bentrok terjadi antar mahasiswa.

“Kalau mau tinju naik ring, karena kalian kesini itu untuk menitih ilmu, bukan menjadi preman. Harapan kami ini tidak terjadi lagi. Ini tanggung jawab bersama untuk menjaga ketertiban dan ketentraman masyarakat,” ujarnya.

Editor : Hendro Saky

Shares: