NewsSepakbola

PSSI jaring bibit pesepakbola Aceh lewat Piala Soeratin

Nazir Adam kembali pimpin PSSI Aceh
Ketua PSSI Aceh, Nazir Adam. (Muhammad Fadhil/popularitas.com)

POPULARITAS.COM – Piala Soeratin U-15 regional Aceh 2023 resmi bergulir. Laga PSAB Aceh Besar vs SSB Kebun Lama menjadi pembuka turnamen usia dini itu di Lapangan Karya Utama Lamreung, Aceh Besar, Selasa (28/11/2023) petang.

Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Aceh, Nazir Adam mengatakan, turnamen ini tidak hanya bertujuan sebagai kompetisi semata, tetapi juga sebagai media untuk membangun database pemain usia dini.

“Pengembangan usia dini menjadi program prioritas kami mulai tahun ini dan seterusnya, dengan tujuan untuk menciptakan kesinambungan para pemain hingga ke Liga,” ujar Nazir, Selasa (28/11/2023) malam.

Proses pengembangan yang dirancang PSSI Aceh memfokuskan pada perjalanan pemain dari U-13 hingga Liga.

“Pemain U-13 tahun depan bisa ikut U-15, yang hari ini U-15 ke depan akan ikut U-17, dan yang U-17 yang baru saja selesai tahun ini, pada tahun depan sudah bisa ikut Liga. Inilah proses yang kita bangun untuk pengembangan sepakbola Aceh ke depannya,” tambahnya.

Turnamen ini diharapkan menjadi pemicu antusiasme di kalangan berbagai SSB untuk merebut talenta-talenta usia dini sebagai database pemain Tanah Rencong.

“Semua pemain yang berpartisipasi dalam Soeratin U-13 dan U-15 sudah tercatat dalam database PSSI. Kami akan menginventarisasi data ini untuk kepentingan PSSI Aceh, termasuk mencatat top talent. Jika suatu saat nanti ada kebutuhan di tingkat nasional, kita sudah memiliki data yang solid,” jelas Nazir.

Melangkah ke depan, PSSI Aceh berencana membuat Soeratin lebih sempurna lagi dengan melibatkan 374 SSB yang terafiliasi ke PSSI. Fokus utama akan diberikan pada kategori U-13.

“Keterlibatan semua SSB ini akan menjadi langkah besar untuk menjadikan Soeratin sebagai kompetisi yang semakin prestisius dan berdaya saing tinggi,” ungkap Nazir Adam.

Di laga pembuka hari pertama, PSAB Aceh Besar dan SSB Kebun Lama bermain imbang 1-1. Sementara di laga kedua, Persas Sabang tekuk Persimura dengan skor 2-1.

Shares: