News

PT SBA raih TOP CSR Awards 2023

PT SBA raih TOP CSR Awards 2023
Presiden Direktur SBA, Soni Asrul Sani dan GA & Comrel Manager SBA, Tafaul Rijal menerima penghargaan TOP CSR Awards di Hotel Raffless, Jakarta, Rabu (7/6/2023). FOTO : Corcom PT SBI

POPULARITAS.COM – PT Solusi Bangun Andalas (PT SBA) raih TOP CSR Awards 2023. Penghargaan itu, diserahkan dalam satu acara di salah satu hotel di Jakarta, Jumat (9/6/2023).

PT SBA merupakan satu dari lima pabrik yang dioperasionalkan PT Solusi Bangun Indonesia (PT SBI) yang peroleh TOP CSR Awards 2023.

Selain pabrik semen Lhoknga yang dioperasionalkan PT SBA, perusahaan lainnya yang juga peroleh penghargaan serupa adalah, adalah Pabrik Semen Cilacap, Narogong, dan Tuban, serta perusahaan induk PT SBI.

Penghargaan yang diterima oleh PT SBA, berkat sejumlah program unggulan yang dilakukan perusahaan itu melalui pendekatan CSR di lingkungan pabrik.

Sejumlah program unggulan yang dinilai panitia, seperti Koperasi Syariah (Kopsyah) Solusi Bersama di Kecamatan Lamlhom. Keberadan koperasi ini telah memberikan kemanfaatan bagi masyarakat sekitar, lewat produk simpan pinjam.

Dengan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh Kopsyah Solusi Bersama itu, saat ini, praktek rentenir yang selama ini berlangsung di daerah itu telah hilang. Koperasi syariah itu juga berhasil mendukung ratusan UMKM tumbuh dan berkembang bersama.

Keberhasilan program CSR yang didukung PT SBA di Lamlhom, kemudian diadopsi untuk dilakukan ditempat serupa, yakni di Lampuuk. Di tempat ini, masyarakat membentuk Kopsyah Samudera Makmur.

Inovasi sosial lainnya yaitu program peternakan telur burung puyuh, program pemberdayaan ekonomi ini telah mampu menciptakan lapangan kerja di sekitar perusahaan lalu produknya juga telah dipasarkan di swalayan terbesar di Provinsi Aceh. 

Program unggulan lainnya adalah beasiswa Semen Andalas, beasiswa atau biaya pendidikan ini diberikan kepada 400 siswa/i setiap tahunnya dari tingkat SMP sederajat, SMA sederajat, Santriawan/i dari pesantren dan Mahasiswa/i. Serta program pencegahan stunting dengan memberikan paket makanan tambahan, melakukan kegiatan imunisasi, dan peningkatan kader kesehatan mengenai bagaimana cara pengolahan makanan sehat dan pemberian fasilitas layanan kesehatan, serta kegiatan yang berkaitan dengan inovasi sosial lainnya untuk mendorong pemberdayaan masyarakat.

Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementrian Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI Sigit Reliantoro, dalam sambutannya pada acara malam penghargaan TOP CSR Awards 2023 itu menyebutkan, inovasi sosial merupakan strategi untuk hasilkan ide batu yang mampu menyelesaikan dinamika perubahan masyarakat yang cepat.

Semangat tersebut, harus senantiasa dilakukan dengan tetap menghormati dan menjujung tinggi kearifan lokal, tambahnya. Nah, kepada para pemanang TOP CSR Awards 2023, kami ucapkan selamat. Semoga hal ini terus menginspirasi bagi kita semua untuk berbuat lebih baik bagi masyarakat dan negara ini, demikian Sigit Reliantoro.

Editor : Hendro Saky

Shares: