Jumat, 8 Desember 2023

Ambil nama Pahlawan nasional asal Aceh, RS Terapung Laksamana Malahayati diresmikan Megawati 

POPULARITAS.COM – PDI Perjuangan mengambil nama Pahlawan nasional asal Aceh Laksamana Malahayati, untuk disematkan sebagai nama Kapal Rumah Sakit Terapung. Operasionalisasinya, secara resmi dilakukan oleh Ketua Umum Megawati Sukarno Putri, Sabtu (10/6/2023) di Pelabuhan Tanjong Priok, Jakarta.

Dalam peresmian Kapal Rumah Sakit Terpung Laksamana Malahayati itu, sejumlah menteri ikut hadir, seperti Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang, dan KASAL Laksamana TNI Muhammad Ali.

Dalam sambutannya, Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, keberadaan Rumah Sakit Terapung Laksamana Malahayati yang diresmikan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati itu, punya makna filosofis yang mendalam.

Nantinya, kata Menhub, kapal rumah sakit terapung ini, akan melayani operasional di seluruh penjuru Indonesia. Karnanya, keberadan kapan ini sangat penting bagi masyarakat di seluruh nusantara.

“Keberadaan kapal ini juga selaras dengan tujuan pemerintah, yakni memberikan askes kesehatan bagi seluruh rakyat,” ujarnya.

Ia melanjutkankan, makna filosofi dari Kapal Rumah Sakit Terapung Malahayat ini, dapat dilihat dari sosok heroik pahlawan nasional asal Aceh yang ditabalkan sebagai namanya.

Kita ketahui dari literatur sejarah bahwa, Laksamana Malahayati merupakan figur perempuan yang heroik dalam perjuangannya mengusir penjajah kala itu.

Selanjutnya, kata Budi Karya menyatakan Kapal Kesehatan tersebut sangat penting mengingat Indonesia merupakan negara maritim.

“Sekali lagi mengingatkan kehadiran negara pada dunia maritim harus ditingkatkan,” kata Budi Karya.

“Ibu Mega yang saya hormati, apa yang menjadi kegiatan hari ini tentu langkah yang baik pada kami, kapal-kapal seperti ini harus dibangun lebih banyak menuju titik penting yang lebih jauh lagi dan empat filosofi tadi harus menjadi dasar apa yang kita lakukan,” kata dia.

Menurut Budi Karya, Kapal RS Laksamana Malahayati sangat gagah dan warna merahnya begitu kuat.

“Warna merah memberi semangat bagi masyarakat di pedalaman pedesaan. Saya atas nama Kememhub dan pribadi, saya ucapkan selamat atas berlayarnya kapal ini. Semoga bisa berguna untuk masyarakat,” kata Budi Karya.

Editor : Hendro Saky

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

#trending

Berita Terbaru

Inovasi Sinarberkat Distanbun raih penghargaan terbaik pertama dari Pemerintah Aceh

Inovasi Sinarberkat Distanbun raih penghargaan terbaik pertama dari Pemerintah Aceh

0
POPULARITAS.COM - Inovasi Sistem Informasi Pelayanan Benih Bersertifikat (Sinarberkat) yang dikembangkan UPTD BPSBTPHP Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Aceh, raih penghargaan terbaik pertama dari...

15 SKPA terima anugerah inovasi Aceh