NewsPolitik

Hasil survi pasangan Ganjar-Erick Thohir lebih unggul dibandingkan Anies-AHY

Hasil survei yang dirilis oleh lembaga Indo Riset, memperlihatkan jika Pemilu 2024 diikuti oleh sejumlah pasangan calon presiden (Capres), maka Ganjar-Erick Thohir ungguli semua paslon yang ada.
Duet Ganjar-Erick Thohir berpotensi menang di Pilpres 2024
Baliho pasangan Ganjar Pranowo dan Erick Thohir

POPULARITAS.COM – Hasil survei yang dirilis oleh lembaga Indo Riset, memperlihatkan jika Pemilu 2024 diikuti oleh sejumlah pasangan calon presiden (Capres), maka GanjarErick Thohir ungguli semua paslon yang ada.

Direktur Eksekutif Indo Riset Roki Arbi, dalam keterangannya, Rabu (4/1/2023), menjelaskan, jika Ganjar berpasangan dengan Erick Thohir, keduanya mendapatkan elektabilitas sebesar 37,5 persen.

Sementara, jika Anies Baswedan dipasangkan dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), hanya peroleh 31,3 persen.

Kemudian, di posisi ketiga ada pasangan Prabowo Subianto-Abdul Muhaimin Iskandar dengan perolehan elektabilitas 25 persen. “Sementara itu, 6,3 persen lainnya tidak tahu atau tidak menjawab,” tambahnya.

Survei Indo Riset tersebut melibatkan 1.120 responden berusia minimal 17 tahun dan tersebar di 34 provinsi di Indonesia. Survei itu dilakukan pada 12-17 Desember 2022, dengan toleransi atau batas kesalahan dalam survei sebesar 2,92 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Sebelumnya, duet Ganjar-Erick juga dinyatakan unggul dalam simulasi Pilpres 2024 berdasarkan survei dari Survei dan Polling Indonesia (SPIN). Keduanya memperoleh elektabilitas 55,8 persen saat berhadapan dengan duet Prabowo-Muhaimin yang hanya mendapatkan elektabilitas 40,1 persen.

Gambaran serupa juga dimuat dalam hasil survei Poltracking Indonesia, di mana Ganjar-Erick unggul dengan elektabilitas 33,1 persen, disusul dengan duet Anies-AHY di posisi kedua sebesar 27,5 persen dan Prabowo-Muhaimin di urutan ketiga dengan elektabilitas 25,5 persen.

 

Editor : Hendro Saky

Shares: