Puswil Aceh tempat nongkrong yang asyik bagi mahasiswa UIN Ar Raniry dan USK

Puswil Aceh tempat nongkrong yang asyik bagi mahasiswa UIN Ar Raniry dan USK

POPULARITAS.COM – Perpustakaan Wilayah (Puswil) Aceh, saat ini telah menjadi alternatif nongkrong bagi mahasiswa UIN Ar Raniry Banda Aceh, dan Universitas Syiah Kuala (USK). 

Hal tersebut diungkapkan oleh Meri Agustina, salah satu mahasiswa USK kepada popularitas.com, Senin (21/11/2022) di Banda Aceh. “Puswil saat ini, tempatnya bersih, aman, dan nyaman. Jadi suka nongkrong betah berlama-lama di sini,” katanya.

Puswil Aceh sendiri, saat ini telah miliki gedung baru yang megah, dan mewah. Diresmikan pada Maret 2022, saat ini, gedung tersebut telah ditunjang sarana dan prasarana lengkap, seperti cafe, areal parkir yang luas, ruang bacaan yang futuristik, serta berbagai referensi buku yang lengkap.

Meri menambahkan, dirinya bersama kawan-kawannya kerap berkunjung ke Puswil Aceh untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah. Selain tempatnya nyaman, gedung baru perpustakaan wilayah ini juga lengkap persediaan bukunya. 

Selain itu, kata Meri, Puswil juga memberikan pelayanan yang bagus sehingga setiap pengunjung dapat terarah. “Pengawas disini selalu memberi arahan jadi kita tidak kebingungan,” ujarnya. 

Hal serupa juga disampaikan oleh Mahasiwa Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Arif Mubarak, ia menyebutkan Puswil Aceh menyediakan buku yang sangat lengkap.  

Oleh karena itu, ia menjadikan Puswil sebagai tempat ia mencari referensi saat  mengerjakan tugas kuliah. “Buku-buku nya lengkap, semua yang saya cari ada,” ujarnya. 

Lebih lanjut Arif juga menyampaikan bahwa Puswil sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk mengerjakan tugas akhir bagi mahasiswa. Selain Mahasiswa dan pelajar, Puswil juga kerap dikunjungi oleh pegawai Swasta dan pegawai Negeri. 

“Sekarang kita sering lihat banyak mahasiswa mengerjakan tugas kuliah maupun skripsi di warung kopi, namun sebenarnya lebih nyaman dan mudah saat dikerjakan di Puswil Aceh,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Layanan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kerarsipan Aceh (DPKA) Zulfadhli menambahkan, konsep Puswil Aceh ini kita selenggarakan agar masyarakat dapat berekreasi sambil melahirkan ide inovatif saat datang ke sini, 

Zulfadhli melanjutkan, konsep baru berupa inovasi pelayanan di Puswil Aceh, dimaksudkan untuk menumbuhkembangkan minat baca, meningkatkan literasi masyarakat. Karena itu, desain bangunan di buat modern, dan pengunjung yang datang ke sini seperti berkunjung ke sebuah mall. 

Mewujudkan konsep ruang baca yang nyaman, diharapkan dapat melahirkan banyak ide kreatif bagi masyarakat. Untuk itu juga, Puswil Aceh menyediakan ratusan ribu buku bacaan berbagai judul, tambahnya. 

Selain itu juga, sambungnya lagi, di Puswil Aceh juga terdapat ruang multimedia, deposit naskah kuno, skripsi, cafetaria, dan ruangan remaja, sarana permaianan anak, serta fasilitas umum lainnya. “Kedepan juga akan ada Bioskop ini,” imbuhnya. 

Selain membenahi infrastruktur dan fasilitas penunjang lainnya, Puswil Aceh juga terus melengkapi bahan bacaan untuk referensi masyarakat umum, pelajar dan juga mahasiswa. 

Selama ini, sebutnya lagi, banyak mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Aceh, seperti USK, UIN, dan universitas swasta lainnya, telah menjadikan Puswil sebagai pilihan untuk mencari referensi dalam menyelesaikan tugas perkuliahan mahasiswa.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.