News

PWI dorong multitasking jurnalis menjaga masa depan wartawan

PWI dorong multitasking jurnalis menjaga masa depan wartawan
Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari memberikan keterangan usai melantik pengurus PWI Kalimantan Selatan masa bakti 2022-2027 di Banjarmasin, Selasa (13/9/2022). (ANTARA FOTO/Firman)

POPULARITAS.COM – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) mendorong penerapan multitasking jurnalis untuk menjaga masa depan wartawan di era dinamika media sosial yang telah mengubah arus informasi begitu cepat dan dinamis.

“Jika wartawan tidak mau mengembangkan diri pasti tergerus zaman, maka multitasking harus dimiliki untuk bisa eksis di era digital,” kata Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa (13/9/2022).

Multitasking jurnalis diartikan sebagai kemampuan seorang wartawan membuat banyak versi dalam karya jurnalistik-nya seperti berita video, foto dan teks yang tujuannya menarik publik untuk bisa menikmatinya.

Atal menyebut pihaknya terus berupaya meningkatkan kemampuan wartawan agar beradaptasi terhadap perkembangan informasi teknologi (IT).

Salah satunya dengan menggelar acara Safari Jurnalistik yang memberikan pelatihan bagi wartawan khususnya anggota PWI di seluruh Indonesia agar bisa memiliki kemampuan yang diperlukan pada era dimana media sosial begitu mempengaruhi arus informasi.

“Seperti saat ini kami hadir di Banjarmasin melaksanakan Safari Jurnalistik dalam rangkaian pelantikan pengurus PWI Kalimantan Selatan masa bakti 2022-2027,” jelasnya.

Atal menegaskan pula pendidikan dan pelatihan menjadi program utama PWI baik di tingkat pusat maupun daerah saat ini.

Hal itu didasarkan pada semangat dan komitmen PWI sebagai organisasi pers tertua dan terbesar di Indonesia yang lahir 9 Februari 1946 dan salah satu konstituen Dewan Pers untuk memberikan sumbangsih bagi peningkatan kompetensi dan profesionalitas wartawan.

Adapun pengurus PWI Kalsel yang dilantik Selasa diketuai Zainal Helmie dan Sekretaris Toto Fachrudin dengan total 28 anggota pengurus harian.

Acara pelantikan yang disaksikan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor di Mahligai Pancasila Banjarmasin itu juga turut dikukuhkan Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) PWI Kalsel yang diketuai Fathurrahman serta delapan orang Dewan Penasihat.

Kemudian Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Kalsel dilantik oleh Ketua Umum IKWI Indah Kirana Depari menyertai kepengurusan PWI Kalsel lima tahun ke depan. (ant)

Editor: Muhammad Fadhil

Shares: