News

Ratusan Warga Ikut Pemilihan Suara Ulang di Lamteumen Timur

Pelaksanaan PSU di TPS 6 Lanteumen Timur, Banda Aceh | Foto: Al Asmunda

BANDA ACEH (popularitas.com) – Masyarakat Gampong Lamteumen Timur, Kecamatan Jaya Baru, Kota Banda Aceh, kembali melakukan pemilu ulang setelah terbukti adanya pelanggaran. Komisi Independen Pemilihan (KIP) melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) itu di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 6 .

Sekalipun diulang, perhelatan pesta demokrasi di Lamteumen Timur tetap ramai seperti saat pencoblosan 17 April lalu. Warga mengantre berdiri di bawah terik matahari menunggu giliran nama mereka dipanggil petugas KPPS.

Namun demikian, warga berharap insiden pengulangan tersebut tidak terjadi lagi. M. Idrus, salah seorang warga ikut menyayangkan Pemilu 2019 kali ini, yang tidak hanya menjadi beban masyarakat tetapi juga berdampak kepada KPPS yang menjadi ujung tombak penyelenggaraan pemilu.

“Jangan terjadi lagilah seperti ini karena seluruh masyarakat di Indonesia sudah diberikan prioritas memilih pada 17 April bahkan diliburkan secara nasional. Sekarang diulang lagi, itu sangat disayangkan terutama petugas penyelenggaranya pasti kelelahan kan,” katanya 25 April 2019.

Sementara itu, Divisi Penyelenggara KIP Banda Aceh, Hasbullah Yunur mengatakan, pelaksanaan PSU di TPS 6 Desa Lamteumen Timur ini dilakukan sebab adanya masalah administrasi, di mana pemilih yang tak terdafatar dalam DPT ikut memilih. Pihaknya mengatakan PSU tersebut berjalan lancar, tidak ada kendala saat pelaksanaannya maupun kendala lain seperti ketersediaan logistik alat kelengkapan pemilu.

“Alhamdulillah berjalan baik tidak ada kendali. Partisipasi pemilih atau animo masyarakat masih tinggi, mau datang ke TPS,” terangnya.

Habusllah menjelaskan, terkait dengan teknis batas pemungutan suara berlangsung hingga pukul 13.00 WIB, setelah itu istirahat sejenak dan kemudian dilanjutkan untuk perhitungan suara sekitar pukul 14.00 WIB. Sesuai mekanisme proses perhitungan dimulai dari tingkat presiden hingga DPRK.

Informasi sebelumnya diketahui TPS 6 Desa Lanteumen Timur memiliki 283 Daftar Pemilih Tetap (DPT). Sementara PSU yang digelar di kantor Geuchik Lamteumen Timur hari ini diikuti oleh 282 pemilih.(ASM)

Shares: