NewsTeknologi

Realme XT, Ponsel yang Unggulkan Kamera 64 Megapixel

(popularitas.com) – Realme bakal merilis ponsel terbarunya di Indonesia, yaitu Realme XT nanti sore. Ponsel dengan harga mulai Rp 3 jutaan ini dilengkapi dengan kamera 64 megapixel. Seperti apa performanya?

Desain dan Layar

Meski dari segi spesifikasi — kecuali kamera — Realme XT ini mirip dengan Realme 5 Pro, desainnya kedua ponsel ini, tepatnya penggunaan material casing belakangnya jauh berbeda. Jika Realme 5 Pro menggunakan material polikarbonat, Realme XT menggunakan kaca Gorilla Glass 5 untuk bagian depan dan belakangnya.

Penggunaan material kaca ini membuatnya terasa mewah. Kesan mewah itu juga terpancar dari pilihan warna untuk ponsel ini. Unit yang diuji oleh detikINET mempunyai warna Pearl White, yang mengingatkan pada tampilan belakang Huawei P30 Pro.

Pada bagian kiri ponsel ada tombol volume dan tray kartu SIM, sementara tombol powernya ada di bagian kanan. Tombol ini terpasang pada rangka metal, dan terasa kokoh dan tactile ketika ditekan.

Sementara di bagian bawah ponsel ada sebuah speaker, port USB-C, dan port audio 3,5mm. Oh ya, tak ada sensor sidik jari pada bodi ponsel karena sensornya ada ada layar ponsel seperti Realme X. Sensornya terbilang cepat dalam mengenali sidik jari (diklaim punya kecepatan 0,34 detik), terutama karena Realme XT masih ke kategori ponsel kelas menengah.

Wajah Realme XT mirip dengan kebanyakan ponsel kekinian. Panel AMOLED dengan resolusi Full HD+ 6,4 inch yang dilengkapi dengan notch dewdrop. Pada pinggiran layarnya pun melengkung yang membuatnya terasa nyaman saat melakukan swipe dari pinggir layar.

Panel AMOLED-nya cukup cerah dan nyaman digunakan di tempat yang sangat terang. Temperatur warnanya terbilang akurat, meski saturasinya sedikit agak tinggi, yang memang merupakan karakter panel AMOLED. Oh ya, layar ini juga mendukung Widevine L1 yang membuatnya bisa dipakai menikmati konten HD di Netflix.

Soal performa, Realme XT tak terpaut jauh dengan Realme 5 Pro, karena memang spesifikasinya mirip. Prosesornya adalah Snapdragon 712 dengan GPU Adreno 616. Unit yang diterima detikINET mempunyai RAM 8GB dan storage 128GB.

Snapdragon 712 bukanlah prosesor flagship, namun performanya relatif mumpuni untuk aktivitas pengguna ponsel saat ini. Untuk game, PUBG Mobile bisa berjalan dengan lancar pada pengaturan grafis tertinggi, dan membuat ponsel ini sedikit terasa hangat. Tak ada masalah berarti dari segi performa di Realme XT.

Skor benchmarknya bisa dilihat pada daftar di bawah ini.

Antutu Total: 178354

Antutu CPU: 68060

Antutu GPU: 56114

PCMark: 7627

GeekBench 5 Single Core: 326

GeekBench 5 Multi Core: 1499

3DMark Sling Shot Extreme OpenGL: 2119

3DMark Sling Shot Extreme Vulkan: 2002

Baterai Realme XT berkapasitas 4.000 mAh, yang sangat cukup untuk dipakai seharian tanpa pengisian ulang, kecuali jika dipakai bermain game terus-menerus tentunya. Jika pun baterainya habis, charger VOOC 3.0 20W bisa mengisi ponsel ini dari 0 sampai 50% dalam waktu 30 menit, dan 0-100 dalam kisaran waktu 1,5 jam.

Standby time, alias konsumsi daya baterai saat ponsel tak digunakan terbilang hebat. Karena pengurangan baterai saat ponsel ini dalam mode standby bisa dibilang nyaris tak terlihat pengurangannya. Artinya Color OS sukses mengoptimasi penggunaan daya baterai dalam mode standby.

Color OS yang dipakai adalah versi 6, berbasis pada Android Pie. Sama seperti seri Realme 5, Color OS-nya ini punya tampilan yang identik. Begitu pula dengan keberadaan bermacam bloatware-nya, yang untungnya bisa di-uninstal.

Kamera

Kamera yang jadi unggulan utama Realme XT adalah kamera utamanya, yang memakai sensor Samsung Isocell GW1 64 megapixel. Dalam keadaan normal, sensor ini akan aktif dalam mode 16 megapixel (pixel-binned, menggabungkan empat pixel menjadi satu pixel yang lebih besar).

Mode 16 megapixel ini sedikit lebih baik ketimbang mode 64 megapixel. Dilihat sekilas, hasil jepretan dari kedua mode itu memang tak terlihat bedanya. Saat di-zoom, mode 64 megapixel tentu akan menampilkan gambar yang lebih tajam, namun harus dibayar dengan kemunculan noise yang lebih banyak pada area gambar yang gelap. Namun yang perlu dicatat adalah, perbedaan antara keduanya relatif kecil.

Ada juga mode malam yang menggabungkan beberapa foto sekaligus yang dijepret menggunakan long exposure. Selama anda mempunyai tangan yang stabil — atau menggunakan tripod — mode ini bisa membantu menghasilkan foto yang bagus dalam keadaan kurang cahaya.

Kesimpulan

Realme XT, dengan harga Rp 3 jutaan yang dikombinasikan dengan spesifikasi serta kamera seperti itu, membuatnya menjadi ponsel yang sangat direkomendasikan untuk kelas menengah. Desainnya mewah, kameranya menawan,

Kamera 64 megapixelnya memang membuat ponsel ini sangat menarik, namun sebaiknya anda menggunakannya dalam mode 16 megapixel saja. Tentunya kecuali anda memang membutuhkan resolusi sebesar itu, misalnya untuk mencetak foto berukuran besar.

Namun mode 64 megapixel ini performanya sedikit lebih jelek ketimbang mode 16 megapixel. Noisenya sedikit lebih banyak, dan ukuran filenya jauh lebih besar, setidaknya 3x lebih besar.

Sumber: Detik

Shares: