Repsol dikabarkan tak temukan migas di blok Andaman III Pidie Jaya

POPULARITAS.COMRepsol Andaman BV telah merampungkan pengeboran sumur laut dalam sumur rencong 1 X di Perairan Andaman III Pidie Jaya. Kegiatan yang dilangsungkan pada akhir Agustus 2022 silam tersebut, dikabarkan tidak berhasil, alias tidak ditemukan adanya potensi minyak dan gas di kawasan tersebut.

Informasi yang dikumpulkan Popularitas.com, kegiatan eksplorasi lepas pantai yang terletak di wilayah kerja (WK) Andaman III dengan kedalaman laut 1.100 meter yang dilakukan Repsol Andaman BV selama kurun waktu 66 hari tidak ditemukan adanya cadangan migas.

Kabar lainnya, jajaran top manajemen Respol sendiri, pada pertengah November 2022, telah melakukan pertemuan dengan Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA), guna melaporkan hasil dari kegiatan eksplorasi yang telah dilakukan.

Perihal gagalnya ditemukan cadangan migas dalam pengeboran yang dilakukan Respol di lepas pantai yang berjarak 42 kilomter dari garis Pantai Aceh itu itu, coba di konfirmasi popularitas.com kepada Deputi Dukungan Bisnis BPMA Afrul Wahyuni.

Pejabat Pijay dituding terima Rp10 miliar dari proyek migas, BPMA beri penjelasan
Deputi Dukungan Bisnis BPMA, Afrul Wahyuni. Foto: Ist

Dalam keterangannya, Kamis (24/11/2022), Afrul Wahyuni yang merupakan alumni Teknik Mesin FT USK itu membenarkan bahwa Repsol telah menuntaskan pengeboran migas pertama di Blok Andaman III.

Namun, katanya lagi, perihal hasilnya saat ini masih dalam kajian dan evaluasi. Secara resmi, proses tersebut akan di rilis nanti hasilnya seperti apa. “Iya, sabar nanti kita rilis hasil resminya,” kata Afrul.

Untuk evaluasi, Tukas Afrul lagi, telah dilakukan oleh Tim geologi dari Repsol. Nah, data-data itu yang nanti akan kita kompilasi, dan akan disampaikan ke publik seperti apa hasilnya.

Apa itu WK Andaman III

Wilayah Kerja (WK) Andaman III adalah eksplorasi yang awalnya dimiliki oleh PT Talisman Energy, yang menang lelang pada 2009. Perusahaan itu, menggunakan skema cost-recovery untuk jangka waktu kontrak 30 tahun.

Pada 2015, Respol mengakuisisi PT Talisman Energy senilai US$8,3 miliar. Maka kemudian, WK Andaman III yang semula dimenangkan perusahaan tersebut, saat ini telah dikelola oleh Repsol.

Selanjutnya, pada 2019, Petronas Malaysia, melalui anak usahanya Petronas Andaman BV, melakukan akuisisi 49 persen hak partisipasi WK Andaman III dari Respol Andaman BV.

WK Andaman III terletak di lepas Pantai Aceh, dengan luas wilayah kerja mencapai 4.684,32 kilomter persegi.

Sejak 2016 hingga 2018, Respol Andaman BV telah melakukan studi G&G, serta data seismik seluas 3.250 kilometer persegi pada kawasan pengeboran eksplorasi Rencon -1X.

 

Editor : Hendro Saky

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.