News

Ribuan masyarakat Aceh hadiri majelis ilmu bersama penasihat presiden Mesir

Ribuan masyarakat Aceh hadiri majelis ilmu bersama ulama Mesir
Ribuan masyarakat Aceh hadiri majelis ilmu bersama ulama Mesir di MRB Banda Aceh, Jumat (5/5/2023) malam. Foto: IKAT Aceh

POPULARITAS.COM – Kehadiran Ulama Besar Al-Azhar Kairo Mesir, Prof Usamah Sayyid Al-Azhari ke Aceh disambut antusias masyarakat Aceh. Kehadiran penasihat presiden Mesir yang diinisiasi oleh IKAT Aceh ke bumi Serambi Mekkah itu dimanfaatkan masyarakat Aceh untuk menimba ilmu.

Seperti pada kajian hadits di Mesjid Raya Baiturrahman (MRB) Banda Aceh pada Jumat (5/5/2023) malam. Ribuan masyarakat memenuhi masjid kebanggaan masyarakat Aceh itu untuk menyimak langsung pelajaran dari guru besar Al-Azhar tersebut.

Dalam kegiatan tersebut, Syekh Usamah Sayyid Azhari juga turut membacakan Hadis Arbain karangan Imam an-Nawawi serta memberi ijazah yang sanadnya bersambung hingga sampai pada pengarang kitabnya.

Selain itu, beliau juga membacakan hadis musalsal bil awwaliyah, yaitu merupakan hadis yang menjelaskan tentang kasih sayang. Hadist ini sejak dulu dibacakan oleh guru pada muridnya sebelum mendalami ilmu agama lebih jauh.

“Saya sangat bersyukur majelis malam ini berlangsung lancar. Majelis membaca hadis dan pemberian ijazah atau sanad yang bersambung sampai kepada pengarang kitab, memang ditunggu-tunggu. Majelis ini sering ditemukan di mesjid Al-Azhar, namun hari ini ulama besar Al-Azhar yang datang langsung ke Aceh, ini keberkahan bagi masyarakat Aceh,” ujar Khalid Mudaststir, selaku Ketua IKAT Aceh dalam keterangannya, Sabtu (6/5/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan IKAT Aceh berkerjasa sama dengan Tastafi ini juga dimeriahkan oleh Mostafa Atef, pelantun nasyid Internasional. Dalam penampilanya, ia membawakan nasyid yang membuat para hadirin hanyut dalam shalawat cinta kepada Rasulullah Saw.

Selain itu, Syeikh Usamah juga mengunjungi dan memberikan motivasi ke pada santri Dayah Madani Al-Aziziyah, Dayah Insan Qurani, Dayah Darul Ihsan, Ruhul Islam, mengisi dars di majelis Zawiyah Nurunnabi dan juga orasi ilmiah di UIN ar raniry banda Aceh. Selain itu, Syeikh juga melantik pengurus Ikat Aceh 2023- 2026.

Shares: