EdukasiNews

Riyandi Syafri raih gelar Doktor di UIN Sumut

Ustaz Riyandi Syafri, dosen ilmu syariah di Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAI Al-Aziziyah Samalanga, berhasil meraih gelar doktor di Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara. Ujian terbuka disertasi dilakukan di kampus Pascasarjana tersebut, Sabtu, (14/7/2018).
Riyandi Syafri usai ujian promosi Doktor di UIN Sumatera Utara

BANDA ACEH (popularitas.com) : Ustaz Riyandi Syafri, dosen ilmu syariah di Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAI Al-Aziziyah Samalanga, berhasil meraih gelar doktor di Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara. Ujian terbuka disertasi dilakukan di kampus Pascasarjana tersebut, Sabtu, (14/7/2018).

“Allhamdulillah sudah selesai Sidang terbuka disertasi program Doktor Prodi HUKI di ruang sidang Pascasarjana UINSU Medan,” Riyandi Syafri

Ia menjeleaskan, dalam ujian tersebut, dirinya, mempertahankan disertasi di hadapan penguji, promotor, dan penguji internal dan Penguji luar masing-masing, Prof Dr. Nawer Yuslem, MA, Prof Dr. Ahmad Qorib, MA, Prof Dr Suhaidi, MA.MH, Prof. Dr. Pagar, MA, Dr H Jamil, MA, Dr. Hafsah, MA, katanya Riandi, yang juga merupakan alumni MUDI Masjid Raya Samalanga.

Sosok cendekiawan dan agamawan muda kelahiran Jambi itu yang akrab disapa Ustaz Jambi itu berhasil melewati Sidang terbuka disertasi dengan judul “Poligami Ulama Dayah Di Kabupaten Bireuen Analisis Hukum Islam, Sosiologi dan Antropologi” dengan nilai terbaik.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Al-Mukarram Abu MUDI, Ayah Muntasir Batee Iliek, para guru-guru, teman-teman, civitas akademika IAI Al-Aziziyah Samalanga-Bireuen dan semuanya yang telah membantu dan mendoakan perjuangan ini,” ungkapnya.

Sementara itu Rektor IAI Al-Aziziyah Dr. Tgk. Muntasir A. Kadir, MA juga mengapresiasi perjuangan dosen senior IAI Al-Aziziyah tersebut dan berharap dapat menambah kualitas keilmuan dan semakin cepatnya pembukaan program pascasarjana di lembaga pendidikan yang dipimpinnya dengan bertambah doktor.

“Memperkuat kualitas dan tradisi keilmuan. Disamping juga dapat memperkuat dan memperluas eksistensi kelembagaan dengan penambahan unit akademik yang baru termasuk proses pembukaan program S2 dapat terselenggara pada tahun ini,” harapnya yang juga pimpinan Dayah Jami’ah Al-Aziziyah (DJA) Batee Iliek itu.

Dalam sidang promosi turut juga hadir, Rektor IAIA, Warek I dan II, para dekan IAIA Serta Direktur Ma’had Aly H Abi Zahrul Fuadi Mubarak, M.Pd. Bahkan Direktur Pascasarjana UINSU Prof. Dr. Syukur Khalil, MA memberikan apresiasi yang mendalam atas kekompakan IAIA dalam memajukan proses pendidikan di UINSU dan IAIA. Semoga kerjasama yang baik selalu terjaganya. (SAKY/RIL)

Shares: