NewsSepakbola

Ronaldo pimpin skuad Portugal memburu trofi Piala Dunia pertamanya

Ronaldo pesepak bola pertama yang cetak gol dalam lima Piala Dunia
Cristiano Ronaldo. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP) (AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRA)

POPULARITAS.COM – Cristiano Ronaldo akan memimpin Portugal ke Piala Dunia 2022 setelah pelatih Fernando Santos memasukkan penyerang veteran itu ke dalam skuad 26 pemainnya pada Kamis (10/11/2022).

Striker Manchester United berusia 37 itu belum menjadi pilihan pertama klubnya musim ini tetapi akan menjadi bagian dari upaya negaranya menjuarai Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka.

Ronaldo, kapten dan pencetak gol terbanyak sepanjang masa dalam sepak bola putra internasional dengan 117 gol, memiliki banyak rekan setim yang lebih muda dalam mendukung serangan, termasuk Joao Felix dari Atletico Madrid dan Rafael Leao dari AC Milan.

“Semua pemain yang saya panggil datang dengan rasa lapar untuk menang dan menjadikan Portugal juara dunia, termasuk Ronaldo,” kata Santos seperti dikutip AFP.

Ronaldo akan pergi ke Piala Dunia kelimanya setelah bermain untuk negaranya dalam setiap edisi turnamen sejak 2006 dan berikutnya.

Pelatih yang membawa Portugal meraih kejayaan Euro 2016 di Prancis itu meninggalkan gelandang Paris Saint-Germain Renato Sanches dari skuad, dan membawa gelandang Wolves Matheus Nunes sebagai gantinya.

“Yang paling penting adalah para pemain yang akan pergi ke Piala Dunia,” kata Santos, menolak membahas pemain yang tidak lolos.

“Ke-26 pemain (yang terpilih) berpikir bahwa keadilan telah ditegakkan, dan mereka yang tidak pergi, sebaliknya.”

Santos memanggil bek tengah Benfica Antonio Silva (19) dan Pepe yang berusia 39 tahun.

Bek Porto itu tidak bermain sejak 4 Oktober karena cedera lutut tetapi akan fit untuk turnamen di Qatar yang dimulai pada 20 November.

“Saya tanya ke bagian medis apakah ada pemain yang tidak fit, jawabannya tidak,” kata Santos saat ditanya soal Pepe.

Striker Liverpool Diogo Jota absen karena cedera betis.

Gelandang Wolves Joao Moutinho (36) yang tampil 146 kali untuk timnas Pertugal, lebih banyak dari pemain-pemain mana pun selain Ronaldo, tidak dimasukkan, begitu juga rekan setimnya Goncalo Guedes.

Portugal akan membuka laga Piala Dunia mereka di Grup H melawan Ghana pada 24 November, sebelum menghadapi Uruguay pada 28 November dan Korea Selatan pada 2 Desember.

Santos mengkritisi waktu turnamen, Piala Dunia musim dingin pertama, tetapi senang dengan kurangnya perjalanan yang dilakukan selama turnamen nanti karena semua stadion relatif berdekatan.

“Itu tidak baik untuk klub, itu tidak baik untuk siapa pun,” kata Santos. “Pengecualiannya adalah ini bagus untuk bepergian. Saya telah berpartisipasi di beberapa Piala Dunia dan bepergian di antara pertandingan itu sulit.”

“Dalam aspek ini, ada keuntungan. Tidak ada stadion yang jaraknya lebih dari 25 menit. Kami tidak harus berjalan-jalan membawa semuanya. Itu tidak akan membuat kami lelah, permainan berakhir dan kami kembali ke hotel.” (ant)

Susunan pemain Portugal:

Penjaga gawang: Diogo Costa (Porto), Rui Patricio (Roma/Italia), Jose Sa (Wolverhampton/Inggris)

Defenders: Diogo Dalot (Manchester United/Inggris), Joao Cancelo (Manchester City/Inggris), Danilo Pereira (Paris Saint-Germain/Prancis), Pepe (Porto), Ruben Dias (Manchester City/Inggris), Antonio Silva (Benfica), Nuno Mendes (Paris Saint-Germain/Prancis), Raphael Guerreiro (Borussia Dortmund/Jerman)

Midfielders: Ruben Neves (Wolverhampton/Inggris), Joao Palhinha (Fulham/Inggris), William Carvalho (Real Betis/Spanyol), Bruno Fernandes (Manchester United/Inggris), Vitinha (Paris Saint-Germain/Prancis), Otavio (Porto), Joao Mario (Benfica), Matheus Nunes (Wolverhampton/Inggris), Bernardo Silva (Manchester City/Inggris)

Forwards: Rafael Leao (AC Milan/Italia), Joao Felix (Atletico Madrid/Spanyol), Ricardo Horta (Braga), Goncalo Ramos (Benfica), Cristiano Ronaldo (Manchester United/Inggris), Andre Silva (RB Leipzig/Jerman)

Shares: