News

RSUZA Banda Aceh Gelar Pelatihan BTCLS

BANDA ACEH (popularitas.com) – RSUZA Banda Aceh, menggelar pelatihan basic trauma and cardiac life support (BTCLS). Kegiatan yang diperuntukan bagi tenaga medis ini, dimaksudkan guna memberikan pemahaman dalam penanganan masalah kegawatdaruratan, baik akibat trauma maupun gangguan kardivakuler.

Panitia acara, dr Masri, SpAN, kepada media ini, Jumat, 23 Agustus 2019, menerangkan, acara yang telah dilangsungkan beberapa waktu lalu tersebut, diikuti sebanyak 50 peserta, yang kesemuanya merupakan perawat dan bidan.

Dengan bekerjasama dengan PT Global Indonesia Development, acara ini dilangsungkan Pusdiklat RSUZA Banda Aceh, dengan menghadirkan para instruktur yang mahir pada bidangnya, dan juga dan trainer dari perusahaan tersebut.

Pelaksanaan pelatihan ini sendiri, adalah upaya memberikan pemahaman dasar kepada para perawat dan bidan, dalam memberikan bantuan hidup dasar pada saat tindakan penyelamatan jiwa, dan menimalisir kerusakan organ, serta pengurangan resiko kematian, atau kecacatatan pada fase penangangan kegawatdaruratan.

“Keberadaan perawat dan bidan ini sangat vital, sebeb mereka adalah tenaga kesehatan yang memberikan pelayanan dasar, baik rumah sakit, klinik, maupun ditengah masyarakat,” katanya.

Sehingga, dalam pelatihan ini, lanjut dr Masri, para bidan, diberikan materi pengetahuan dasar, tentang beragam aspek penanganan kegawatdaruratan, seperti kemampuan airway, breatihing management, bantuah hidup dasar, initial assesment, kecakapan balut dan bidai, serta interprestasi EKG dasar dan kegawatan cardiac,

Tujuan pihaknya memberikan pelatihan ini, agar para perawat dan bidan, mempunyai ketrampilan dan kemampuan awal dalam penangangan kondisi kegawatdaruratan, baik untuk kasus trauma secara umu, penanganan kasus darurat masal, maupun korban bencana, pungkasnya. (SKY)

Shares: