News

Rusia tuduh Ukraina tembak jatuh pesawat angkut 65 tahanan untuk pertukaran

Foto yang diambil dari lokasi jatuhnya pesawat perang di kawasan perumahan dekat Yablonovo, wilayah Belgorod, Rabu (24/1/2024). (AP/AP)

POPULARITAS.COM –  Rusia menuduh Ukraina telah menembak jatuh pesawat militernya yang tengah mengangkut 65 tentara Ukraina untuk pertukaran tahanan di selatan wilayah Belgorod.

Pihak Moskwa menyatakan, mereka tengah melakukan penyelidikan atas insiden teroris tersebut yang membuat jatuhnya pesawat angkut IL-76 pada Rabu (24/1/2024) lalu.

“Kasus kriminal terkait aksi teroris sedang diselidiki di wilayah Belgorod dengan menggunakan pesawat Il-76,” ujar Komite Investigasi Rusia, yang bertugas menyelidiki kejahatan besar, dikutip dari beritasatu.com, jaringan popularitas.com.

Rusia mengatakan tidak ada yang selamat dari 74 orang yang berada di pesawat tersebut. Selain 65 tahanan tentara Ukraina, di dalam pesawat itu juga ada tiga awak, dan tiga personel militer Rusia.

Komite Investigasi mengatakan, detektif berpengalaman, kriminalis dan ahlisedang bekerja di lokasi kejadian. Mereka menambahkan, pesawat itu jatuh oleh misil dari wilayah Ukraina.

“Jasad korban ditemukan, serta perekam penerbangan pesawat, akan dikirim untuk diuraikan,” kata komite tersebut.

Komite ini mengatakan, pihaknya berupaya mengidentifikasi orang-orang di antara angkatan bersenjata Ukraina, yang berada di balik kecelakaan itu.

Moskwa belum memberikan gambar ke publik atau bukti apa pun bahwa ada tentara Ukraina di dalam pesawat tersebut, atau menunjukkan bukti bahwa pihak Kyiv mengetahui awak pesawatnya berada di dalam pesawat tersebut. Identitas orang-orang di dalam pesawat juga belum diungkapkan.

Shares: