News

Sampah masih jadi masalah krusial di Lhokseumawe

PORA di Pidie hasilkan 11,5 ton sampah per hari
Ilustrasi, personel Dinas Lingkungan Hidup Pidie saat membersihkan dam mengangkut sampah. FOTO : DLHK Pidie

POPULARITAS.COM – Penjabat (Pj) Wali Kota Lhokseumawe, Imran, mengatakan sampah masih menjadi permasalahan sangat krusial di Kota Petro Dolar. Tentunya, saat ini persoalan itu akan menjadi konsen dari pemerintah kota setempat.

“Sejak kemarin hingga pagi ini, saya turun ke lapangan memonitoring semua kawasan rawan bencana dalam wilayah Kota Lhokseumawe,” ucap Pj Wali Kota Lhokseumawe, Imran dalam keterangannya, Kamis (21/9/2023).

Pada Selasa (19/9/2023), Imran juga memimpin Rapat Koordinasi Persiapan Dini Menghadapi Musim Penghujan dan Peningkatan Perhatian Terhadap Lingkungan Bersih dan Pengelolaan Sampah dengan Organisasi Kemasyarakatan yang ada di Kota Lhokseumawe.

Hal tersebut dilakukan sebagai persiapan dini menghadapi musim penghujan. “Ada beberapa lokasi hasil kita turun kelapangan, banyak ditemukan tumpukan sampah dan aliran sungai yang kurang diperhatikan sehingga akan menimbulkan terjadinya bencana,” terang Imran.

“Mulai Jumat ini saya minta kepada seluruh OPD terkait salah satunya DLH Lhokseumawe untuk kembali melakukan kegiatan Jumat bersih hingga ke desa-desa,” tegas Pj Wali Kota Lhokseumawe ini.

Ia mengatakan, dengan adanya rapat koordinasi ini akan ada solusi dalam mengatasi permasalahan sampah, banjir dan bencana lainnya.

“Kita harapkan para organisasi kemasyarakatan mampu bersinergi dengan Pemko Lhokseumawe untuk sama-sama memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak lagi membuang sampah secara sembarangan,” kata Imran.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Lhokseumawe Syuib menyebutkan, pihaknya akan terus melakukan pembersihan sampah untuk mengantisipasi agar permasalahan kebersihan dan sanitasi tertangani dengan baik. Sehingga masyarakat yang telah memberikan retribusi kebersihan terlayani dengan baik.

“Dinas Lingkungan Hidup Kota Lhokseumawe akan terus berkoodinasi dengan SKPD, Instansi terkait serta dengan LSM yang bergerak di bidang kebencanaan dan sosial dalam penanganan permasalahan sampah dan juga dalam menghadapi musim penghujan nantinya,” ungkap Syuib.

Menindaklanjuti arahan Pj Walikota Lhokseumawe, ia mengatakan untuk setiap Jumat akan kembali melakukan Jumat Bersih oleh semua OPD sampai ke gampong-gampong di Kota Lhokseumawe.

“Selain itu juga nantinya akan kita lakukan gerakan pembersihan secara masif dengan melibatkan seluruh LSM, sekolah-sekolah, BUMN serta BUMD yang ada di Kota Lhokseumawe,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga sangat membutuhkan dukungan masyarakat dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Buanglah sampah pada tempat yang telah disediakan khususnya di pusat Kota Lhokseumawe, sehingga kedepan Ibukota Lhokseumawe di Kecamatan Banda Sakti akan bebas dari tumpukan sampah,” terangnya.

Shares: