Dinas Kebudayaan dan Pariwisata AcehNews

Samudra Expo 2023 jadi sarana pengenalan seni budaya dan produk UMKM

Kepala Disbupar Aceh, Almunizal Kamal saat membuka acara pameran UMKM Samudera Expo di Pelataran Monumen Islam Samudera Pasai di Desa Beuringen, Kecamatan Samudera, Kabupaten Aceh Utara.

POPULARITAS.COM – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Almunizal Kamal mengatakan Samudra Expo UMKM dapat menjadi salah satu sarana untuk pengenalan seni budaya dan produk UMKM di daerah itu.

Hal tersebut disampaikan Almunizal saat membuka Samudra Expo 2023 di Kabupaten Aceh Utara pada Senin (24/7/2023). Kegiatan ini akan berlangsung hingga 29 Juli 2023.

“Samudra Expo UMKM sejatinya dapat menjadi salah satu sarana untuk pengenalan seni budaya dan produk UMKM di daerah ini,” kata Almunizal.

Almunizal  berharap, UMKM dapat lebih meningkatkan daya saing dan pelayanan yang berkualitas kepada konsumen, sehingga diterima oleh masyarakat luas yang pada akhirnya memberikan nilai tambah bagi para pelaku UMKM.

“Jika UMKM bangkit maka secara langsung memberikan dampak pada peningkatan perekonomian,” ujarnya.

Sementara, Pj Bupati Aceh Utara Mahyuzar menilai, UMKM Samudera Expo dapat menggerakkan roda perekonomian masyarakat Aceh Utara melalui kegiatan UMKM, dan mampu menjadi penyangga ekonomi Aceh maupun ekonomi nasional.

Mahyuzar berharap keberadaan UMKM, baik yang dikelola oleh masyarakat maupun oleh Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan geliat perekonomian daerah.

“Kegiatan ini diharapkan mampu mengurangi angka pengangguran dan menekan angka kemiskinan, terutama pada masa pemulihan ekonomi seperti saat ini,” katanya.

Ia menjelaskan penyelenggaraan pameran menjadi salah satu ajang yang baik bagi para pelaku usaha maupun desa untuk memperkenalkan dan memamerkan potensi yang dimiliki, sehingga produk usaha dan potensi desa dapat diperkenalkan kepada masyarakat yang lebih luas.

Di sisi lain, kata Mahyuzar, penyelenggaraan Expo tersebut hendaknya dapat meningkatkan daya saing para pelaku usaha, baik dari sisi produk, inovasi, pemasaran dan faktor lainnya.

Dengan demikian, para pelaku usaha memiliki kesadaran untuk terus meningkatkan keterampilan diri dengan berbagai terobosan yang mungkin sebelumnya belum dilakukan dalam mengembangkan bisnis.

“Para pelaku UMKM harus mampu beradaptasi dalam menghadapi situasi sulit, harus jeli melihat peluang dan gesit melakukan inovasi. Saya harap pelaksanaan kegiatan ini mampu mendorong para pelaku UMKM untuk terus mengembangkan diri melalui cara-cara yang lebih kreatif,” ujarnya.

Shares: