News

Sandiaga Uno Sebut Desa Wisata Simbol Kebangkitan Ekonomi Nasional

POPULARITAS.COM – Dalam rangka program Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan menyelenggarakan acara “Sosialisi Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021” dengan tema “Indonesia Bangkit”.

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 merupakan salah satu program pengembangan kepariwisataan Indonesia yang sedang digalakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Dengan mengangkat tema “Indonesia Bangkit”. Program ini diharapkan mampu mewujudkan visi “Indonesia sebagai Negara Tujuan Pariwisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing, Berkelanjutan dan Mampu Mendorong Pembangunan Daerah dan Kesejahteraan Rakyat”.

Visi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di bawah kepemimpinan Sandiaga Salahuddin Uno dengan program nyata Anugerah Desa Wisata 2021 menjadi stimulan kebangkitan industri wisata nasional yang terdampak pandemi Covid-19 sejak 2020 lalu.

Sosok pemimpin alternatif seperti inilah yang dibutuhkan Indonesia saat ini di tengah krisis yang dialami Indonesia.

Rangkaian Sosialisi acara Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 dimulai pada 22 Mei 2021 sampai dengan 25 Juni 2021 mendatang.

Program Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 itu sendiri telah berjalan di beberapa daerah di antaranya Desa Pujon Malang, Desa Mas Ubud, Desa Tugu Selatan Cisarua, Desa Cibuntu Kuningan, Desa Candirejo Magelang dan Desa Pentingsari Sleman.

Desa Wisata Denai Lama, Kabupaten Deli Serdang menjadi salah satu desa yang dipilih dalam kegiatan sosialisasi tersebut. Hal ini karena terkenal dengan literasi adat budayanya.

Desa itu memang memiliki budaya seperti Jawa, Melayu dan Batak yang juga menghasilkan kerajinan yang beragam, seperti kain tenun khas Desa Denai Lama, Kain Batik Jumputan, dan kerajinan dari batok kelapa.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno beberapa waktu lalu juga menyempatkan diri mengunjungi wisata Pasar Paloh Naga di kawasan itu.

Di sana, Sandiaga Uno menyebutkan bahwa wisata tersebut memang unik. Meskipun nilai transaksi menggunakan Kepeng masih belum signifikan dalam industri pariwisata.

“Namun kami melihat semangat menjadikan desa wisata ini memiliki keunikan dan tumbuh berkembang merupakan prestasi tersendiri bagi kami di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” ujar Sandiaga.

Menurut Sandiaga, menghargai semangat desa untuk membangun desa wisata dengan agrowisata yang unik merupakan simbol kebangkitan ekonomi nasional.

Sandiaga menambahkan bahwa Desa Wisata Denai Lama juga berkembang dalam pemanfaatan potensi desa, seperti dibangunnya Sanggar lingkaran yang memiliki kafe baca.

“Kafe ini juga berfungsi sebagai taman bacaan yang salah satu manfaatnya untuk pengembangan karakter sumber daya masyarakatnya,” ucap Sandiaga.

Editor: dani

Shares: