Santri Dayah Insan Qur’ani juarai lomba berhitung se-Aceh

Wakili Aceh Besar

POPULARITAS.COM – Santri Dayah Insan Qur’ani Aceh Besar, Qisthi Akmal mewakili SMA/MA Aceh Besar meraih juara satu Lomba Berhitung Fakultas Teknik (LBFT) Universitas Syiah Kuala (USK ) tingkat SMA/MA se-Provinsi Aceh Tahun 2022. Sedangkan juara kedua perwakilan Banda Aceh dan juara ketiga dari Aceh Selatan.

Sebelumnya, Qisthi menjadi peserta terbaik pertama pada kategori SMA/MA se-derajat tingkat Kabupaten Aceh Besar dan berkesempatan maju ke babak Grand Final LBFT ke-28 tingkat Provinsi Aceh yang digelar pada Minggu, 25 September 2022 di Gedung AAC Dayan Dawood.

Perlombaan ini digelar dalam dua sesi. Sesi pertama seluruh peserta terbaik utusan Kabupaten di Aceh diadu dengan diberikan 19 soal matematika yang harus diselesaikan dalam 5 menit. Dan hanya akan tersisa 6 peserta terbaik untuk sesi terakhir.

Mabrouk, Qisthi Akmal tampil menakjubkan dengan poin 18 dalam durasi waktu kurang dari 3 menit.

Di babak Final, tersisa 6 peserta terbaik. Peserta kembali disuguhkan 19 soal yang harus dikerjakan dalam waktu 5 menit. Qisthi Akmal berhasil meraih juara 1 setelah mampu mendapat poin 16 dalam waktu 4,5 menit memimpin seluruh peserta lain.

“Alhamdulillah, semoga pencapaian ini bisa menjadi motivasi untuk adik-adik. Terima kasih banyak atas bimbingan dan doa doa orang tua guru dan teman teman,” ujar Qisthi dalam keterangannya, Senin (26/9/2022).

Keberhasilan Qisthi Akmal meraih juara pada ajang bergengsi ini menambah torehan prestasi santri Dayah Insan Qur’ani dan bukti bahwa santri juga mampu bersaing bidang sains dengan siswa siswi sekolah unggul lainnya.

Sementara, Sekretaris Dayah Insan Qur’ani, Alfirdaus Putra beryukur atas torehan tersebut. Ia mengucapkan selamat untuk Qisthi Akmal dan terimakasih untuk semua yang telah mendukung, membantu dan mendoakan keberhasilannya.

“Tetap semangat dan terus belajar, jangan pernah merasa puas, mudah mudahan keberhasilan ini juga menjadi motivasi bagi santri lain di Dayah tercinta,” ujar Alfirdaus.

Seperti diketahui, santri penggemar matematika ini meraih juara 2 Lomba Berhitung Fakultas Teknik (LBFT) Universitas Syiah Kuala (USK )tingkat SMA/MA se-provinsi Aceh tahun lalu (2021) pada event yang sama.

Santri kelas XII MA Insan Qur’ani ini Juga meraih juara 1 dalam Counting Contest Parade of Art, Science, and Religion (PASCAL) tingkat provinsi Aceh tahun 2022 yang dilaksanakan oleh SMA Fajar Harapan Banda Aceh.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.