News

Satgas Covid-19 Sebut Muncul Klaster Rumah Sakit Ibarat Jantung Manusia Diserang

Satgas Covid-19 Sebut Muncul Klaster Rumah Sakit Ibarat Jantung Manusia Diserang
Wiku Adisasmito. ©2020 Merdeka.com

JAKARTA (popularitas.com) – Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito mengungkapkan, tingginya kasus Covid-19 di Indonesia disebabkan munculnya klaster baru. Salah satunya klaster rumah sakit.

“Terlihat meningkat di klaster rumah sakit. Rupanya cukup tinggi sekali di beberapa tempat,” ungkapnya, Jumat (24/7/2020) dikutip dari merdeka.com.

Sejumlah provinsi yang sudah melaporkan muncul klaster baru di rumah sakit di antaranya Jawa Timur, DI Yogyakarta dan DKI Jakarta. Di Jakarta sendiri terletak di Kebon Jeruk, Jakarta Barat dan Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

“Jadi ini menunjukkan bahwa rupanya kita mulai lengah. Terjadi klaster baru dan ternyata salah satunya rumah sakit,” ucap dia.

Wiku menyebut, rumah sakit merupakan garda terdepan penanganan Covid-19. Dia mengibaratkan rumah sakit sebagai jantung pada tubuh manusia. Jika jantung sudah terpapar virus, maka pertahanan melemah.

Seharusnya, kata dia, rumah sakit bisa menjaga pertahanan agar bebas dari Covid-19. Caranya, tenaga kesehatan harus disiplin menerapkan protokol kesehatan. Fasilitas rumah sakit juga harus diawasi secara ketat agar tidak menjadi tempat penularan Covid-19.

“Bayangkan poin penting jantung itu di sini. Virusnya sudah di sini. Buktinya tenaga kesehatan kena. Kalau kita kena di tangan, kaki, enggak apa-apa mungkin. Tapi kalau sudah di jantung, itu pertahanan kita terakhir,” ujar dia.

Shares: