KesehatanNews

Satu Pasien ODP Sedang Dirawat di Aceh Tamiang

Satu Pasien ODP Sedang Dirawat di Aceh Tamiang
Pj Direktur RSUD Aceh Tamiang, dr T Dedi Syah

ACEH TAMIANG (popularitas.com) – Seorang pasien status Orang Dalam Pemantauan (ODP) virus corona tengah dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Aceh Tamiang, Selasa (17/3/2020).

Pasien laki-laki tersebut memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta untuk penelitian kuliah. Sampai di Aceh Tamiang merasa tidak enak badan, lalu berinisiatif memeriksa diri ke rumah sakit.

“Pasien 3 hari merasakan tidak enak badan dan pasien berinisiatif memeriksakan diri ke RSUD Aceh Tamiang,” kata Pj Direktur RSUD Aceh Tamiang, dr T Dedi Syah, Selasa (17/3/2020).

Sekarang pasien ODP itu sedang dirawat di ruang isolasi rumah sakit tersebut menunggu perkembangan. Dedi menegaskan, pasien tersebut hanya ODP virus corona.

Kata Dedi, pasien itu datang ke rumah sakit tadi subuh setelah badannya merasa tak enak. Keluhan sesak nafas dan batuk, namun kondisinya masih stabil.

“Pasien tersebut dikatagorikan  sebagai pasien berstatus ODP atau orang dalam pemantauan,” jelasnya.

Dedi mengaku, berdasarkan pemantauan yang dilakukan pihak tim medis pasien itu masih kecil kemungkinan terkena COVID-19. Kendati tetap harus menunggu perkembangan selanjutnya.

Sekedar diketahui, berdasarkan keputusan dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), masa inkubasi virus corona terjangkit pada seseorang selama 14 hari. Bila dalam rentang waktu tersebut pasien kondisi stabil, dipastikan akan terbebas dari corona.

Dedi berharap kepada seluruh masyarakat Aceh Tamiang tetap tenang dan tidak panik mendengar adanya pasien ODP. Yang harus dilakukan, warga agar terus menjaga kesehatan, makan makanan bergizi, sayur-sayuran, perbanyak minum air putih serta olahraga yang cukup.[acl]

Reporter: Muhammad Irwan

Shares: