News

Satu Toko Hangus Terbakar di Aceh Besar

Bencana Kebakaran Terbanyak Terjadi Selama Agustus 2020 di Aceh
Ilustrasi kebakaran.

POPULARITAS.COM – Satu toko berkontruksi permananen beserta isinya hangus terbakar di Desa Beutanoe, Kecamatan Kuta Baro, Kabupaten Aceh Besar pada Jumat (19/3/2021).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ilyas mengatakan, kebakaran tersebut diperkirakan terjadi pukul 06.29 WIB. Toko yang terbakar merupakan milik Marwan (65).

“Kronologis penyebab kebakaran satu  rumah milik Marwan ini diduga akibat api yang menjalar dari kompor,” kata Ilyas dalam keterangannya, Sabtu (19/3/2021).

Ilyas menjelaskan, dalam memadamkan api, BPBD Kabupaten Aceh Besar  mengerahkan dua unit armada pemadam kebakaran Pos Kajhu ke lokasi kejadian. Pemadaman, katanya, juga dibantu oleh armada pemadam kebakaran dari Kota Banda Aceh.

“Pemadaman, turut dibantu oleh Polri, TNI, RAPI Aceh Besar dan masyarakat setempat. Api telah berhasil dipadamkan oleh petugas pada pukul 07.11 WIB dan selanjutnya proses pendinginan,” sebut dia.

Ilyas mengingatkan kebakaran masih menjadi bencana paling banyak terjadi di Aceh, terutama kebakaran pemukiman. Oleh karena itu, ia meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan.

“Sebenarnya kebakaran pemukiman hanya dapat diminimalkan dengan meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat misalnya dengan memerika instalasi listrik yang sudah tua yang menjadi sebab utama kebakaran,” ujarnya.

“Masyarakat juga perlu meningkatkan kewaspadaan dalam mengelola sumber panas di rumah tangga seperti mematikan kompor setelah digunakan dan mematikan  barang-barang eletronik yang tidak terpakai,” pungkasnya.

Editor: dani

Shares: