News

Satu Unit Rumah di Mibo Terbakar

Satu Unit Rumah di Mibo Terbakar. (ist)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Kebakaran menghanguskan sebuah rumah berkonstruksi kayu milik Ainal Mardhiah (63) di Jalan Wedana, Gampong Mibo, Kecamatan Banda Raya, Kota Banda Aceh, Rabu, 10 Juni 2020.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP)  Kota Banda Aceh, Rizha mengatakan, kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 14.30 WIB. Saat kejadian, Ainal Mardiah sedang tidur di kamar karena dalam kondisi sakit.

“Informasi yang dihimpun oleh petugas, saat kejadian Hendra (anak Ainal) berada di rumah menemani ibu yang sedang sakit. Ia mencium bau dan asap terlihat dari arah ruangan kamar dan dibuka olehnya api telah membakar ruangan tersebut,” kata Rizha dalam keterangannya, Rabu, 10 Juni 2020.

Ia menjelaskan, setelah melihat kobaran api, Hendra sempat panik dan segera meminta tolong pada warga lainnya. Pada waktu bersamaan, Hendra juga mengeluarkan ibunya dari rumah.

“Saat itu minta bantuan warga untuk menjemput pihak damkar yang pos pemadam yang tidak jauh dari lokasi kejadian,” ujar Rizha.

Kata Rizha, berdasarkan informasi kebakaran diterima warga mendatangi posko induk di kantor DPKP Kota Banda Aceh,ia menugaskan petugas piket bergerak mengerahkan armada pemadam sebanyak 3 unit.

“Pemadam tiba pada pukul 14.35 WIB atau 5 menit setelah menerima pengaduan. Sekiranya pada pukul 15.10 WIB api dapat dipadamkan dan selanjutnya dilakukan upaya pendinginan,” sebut Rizha.

Ia menambahkan, pemadaman tersebut juga dibantu personel Polri, TNI, PLN dan masyarakat setempat. Pihaknya juga memastikan tak ada korban jiwa dalam musibah tersebut.

“Penyebab kebakaran diduga korseleting listrik namun untuk perkembangan selanjutnya masih dalam penyidikan pihak kepolisian,” pungkasnya.

Reporter: Muhammad Fadhil

Shares: