News

Satu Warga PDP Corona Asal Aceh Tamiang Dirujuk ke RS Cut Meutia

Warga Garot, Jawa Barat dari Meulaboh Dirujuk ke RSUZA Diduga COVID-19
Ilustrasi. Simulasi penanganan pasien virus corona COVID-19 di Rumah Sakit Lavalette, Malang, Jawa Timur. (ANTARA FOTO/ARI BOWO SUCIPTO)

ACEH TAMIANG (popularitas.com) – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Aceh Tamiang menangani pasien dalam pengawasan (PDP). Pasien tersebut kini sedang dirujuk ke RS Cut Meutia, Aceh Utara yang merupakan rumah sakit rujukan bagi pasien corona.

Petugas informasi perkembangan pencegahan dan penanganan penyebaran Covid-19 Pemkab Aceh Tamiang, Hardeky, mengatakan pasien rujukan tersebut memiliki riwayat perjalanan dari Luar Negeri beberapa hari yang lalu.

Baca: Aceh Tamiang Bentuk Gugus Tugas Penanganan Covid-19

Setiba di Aceh Tamiang, lalu ia memeriksa kesehatannya ke RS setempat. Dengan gejala demam disertai dengan batuk, nyeri tenggorokkan dan sesak nafas. Menurut Hardeky, pasien tersebut mengaku pernah memiliki riwayat penyakit diabetes dan TBC pada 2015 lalu dan sudah tuntas berobat.

Tapi dari hasil diagnosa yang dilakukan tim ahli, kata dia pasien harus dirujuk secepatnya ke rumah sakit yang telah direkomendasikan untuk penanganan Covid-19.yaitu RS Cut Mutia Aceh Utara.

“Kita meminta kepada masyarakat Aceh Tamiang untuk tidak panik dan resah dengan informasi yang dikeluarkan ini, sebab status yang diberikan pada Orang dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien dalam Pengawasan (PDP) belum tentu terpapar Virus Corona, bisa saja ia mengalami gejala sakit pada umumnya,”

“Tentunya kita harus tetap waspada terhadap penyebaran virus ini dengan mengikuti prosedur dan aturan yang telah di tetapkan oleh Pemerintah,” katanya, Kamis, 19 Maret 2020.

Reporter: Muhammad Irwan

Shares: