News

Sebagian apotek di Banda Aceh masih jual obat sirup

Sebagian apotek di Banda Aceh masih jual obat sirup
Ilustrasi, pemilik apotek di Cianjur, Jawa Barat, mengosongkan obat jenis sirup yang dilarang pemerintah untuk diperjual belikan sementara karena ditemukan seratusan anak menderita gagal ginjal akut. ANTARA/Ahmad Fikri

POPULARITAS.COM – Sebagian apotek di Kota Banda Aceh terpantau masih menjual obat sirup, meski pemerintah melarangnya untuk sementara waktu.

Di pusat ibu kota Provinsi Aceh itu, salah satu apotek yang masih menjual obat sirup adalah Apotek Cinta Sehat. Azwardi, pemilik apotek tersebut membenarkan hal ini.

Namun, terang Azwardi, obat-obatkan jenis sirup anak maupun dewasa yang dijual tersebut tergolong aman dan sudah mendapatkan surat izin dari PT Sanbe dan PT Enseval.

“Untuk obat sanmol sudah aman dan bisa dijual. Dari PT Sanbe aman semua dan sudah keluar suratnya. Kalau tidak aman pasti sudah disita,” kata Azwardi, Rabu (26/10/2022).

Ia menyebutkan, ada beberapa jenis sirup yang telah disita oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) seperti Termorex, Unibaby Cough, dan Unibaby demam drops.

“Pengawas sering kontrol ke sini, kalau yang tidak aman langsung ditarik,” tuturnya.

Shares: