News

Sekda Pijay Berang, Banyak SKPK Belum Serahkan Dokumen Tender

Sekretaris daerah (Sekda) Pidie Jaya, Jailani Beuramat. (popularitas/Nurzahri)

POPULARITAS.COM – Sekretaris daerah (Sekda) Pidie Jaya, Jailani Beuramat, berang dengan kinerja Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) setempat, yang hingga akhir triwulan pertama penggunaan anggaran tahun 2021, belum sepenuhnya menyerahkan dokumen tender.

Hingga kini, jangankan pelaksanaan fisik, proses tender saja baru tiga paket yang diumumkan, disebabkan belum sepenuhnya SKPK Pidie Jaya menyerahkan dokumen tender tersebut ke Bagian Pengadaan Barang Jasa untuk dapat dilakukan pelelangan.

Padahal proses tender sendiri memakan waktu sekira satu bulan lebih, mulai dari penyerahan dokumen, verifikasi panitia, hingga penandatanganan kontrak.

Informasi dihimpun popularitas.com, total paket proyek bersumber anggaran 2021 yang dilakukan pelelangan 182 paket, dan itu tidak termasuk paket Penunjukan Langsung (PL) atau non tender.

Namun yang baru diumumkan di situs pelelangan untuk proses tender hanya sebanyak tiga paket.

“Seharunya bulan dua (Februari 2021) sudah harus kita lelang,” kata Sekda Pidie Jaya, Jailani Beuramat, Selasa (23/3/2021).

Sehingga diapun merencanakan untuk mengevaluasi kinerja SKPK-SKPK setempat, yang belum kunjung menyerahkan dokumen tender, meski sudah memasuki pengujung triwulan pertama penggunaan anggaran tahun 2021.

“Itulah (Kinerja) yang perlu dievaluasi. Karena kalau terus-terusan begini kan tidak mungkin,” jelasnya.

Ada SKPK-SKPK yang hanya memiliki dua paket, namum dokumen tendernya juga belum siap, berbeda halnya kalau jumlah paketnya melebihi dari 20, walau sejatinya, keterlambatan itu juga tidak bisa dibenarkan.

“Nah ini paketnya cuma satu hingga dua paket, masak itu itu tidak selesai. Ketika diserahkan ke UKPBJ, sudah dilakukan verifikasi oleh UKPBJ, harus direvisi, seharusnya satu hari harus selesai,” jelasnya.

Sambung Sekda, dia pun sudah mengistruksikan Asisten II bagian Ekonomi dan Pembangunan untuk menjemput langsung dokumen tender tersebut ke SKPK-SKPK terkait.

Sebelumya, Bagian Pengadaan Barang dan Jasa, Pidie Jaya, Bahagia menyebutkan, terhitung 7 Maret 2021, bari tiga paket proyek yang sudah diumumkan di situs pelelangan.

Sedangkan 10 paket lainnya yang juga sudah oleh Dinas Pendidikan, Pertanian, Dinas Kelautan dan Perikanan dan Dinas Perhubungan, saat itu harus di review kembali.

Sementara itu, saat popularitas.com mencoba menghubungi Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa, Pidie Jaya, Bahagia via seluler, guna melakukan konfirmasi jumlah total dokumen tender yang sudah diserahkan SKPK hingga 23 Maret 2021, Bahagia tidak menjawab.

Editor: dani

Shares: