News

Selama Pandemi, 3 Kasus HIV AIDS Bertambah di Aceh Jaya

HIV/AIDS di Banda Aceh mengkhawatirkan, tahun 2023 terdapat 198 kasus
Ilustrasi tes HIV. (net)

POPULARITAS.COM – Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Jaya kembali mencatat ada penambahan tiga kasus HIV AIDS selama pandemi COVID-19 di Kabupaten setempat.

Kasi Pencegahan, Pananggulangan Penyakit Menular  Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Jaya Eka Randiana menyampaikan jika tiga penambahan kasus HIV AIDS tersebut bukan kasus baru namun pasien lama yang sudah berobat di luar Aceh Jaya namun baru selama COVID -19 ini diketahui saat mengambil obat di RSUD Teuku Umar Calang.

“Mereka bukan pasien baru namun pasien lama namun tidak pernah berobat di Aceh Jaya, mungkin selama pandemi ini susah ambil rujukan keluar, baru kali ini kita ketahui,” kata Eka Randiana seperti dilansir laman Antara, Kamis (1/10/2020).

Ia menambahkan kalau ketiga orang yang terkonfirmasi positif HIV tersebut bukan asli Aceh Jaya namun warga pendatang dan berdomisili di Aceh Jaya.

“Mereka kalau kita lihat KTP lahir bukan di Aceh Jaya namun pendatang dan menetap di Aceh Jaya,”kata Eka Randiana.

Eka menyampaikan, penyakit HIV AIDS di Aceh Jaya tercatat di tahun 2010 satu kasus, 2015 satu kasus dan 2017 satu kasus, sedangkan yang kasus di tahun 2010 dan 2015 sudah meninggal dunia dan penambahan tiga kasus di tahun 2020 ini.

“Penyakit ini tidak ada cara lain dalam penanganan, jika sudah terkenak maka harus mengkonsumsi obat, dan biasanya kalau HIV pasien masih bisa seperti biasa seperti kita, namun jika sudah sakit parah itu baru masuk dalam katagori AIDS,”kata Eka.

Editor: dani

Shares: