News

Sentimen Anti-Prancis Menguat di Sejumlah Negara Muslim

(Foto: republika)

POPULARITAS.COM – Reaksi keras dari negara-negara Islam kepada Prancis atas komentar Presiden Emmanuel Macron tentang Islam dan kebebasan berbicara semakin meningkat. Reaksi ini semakin gencar dilakukan setelah Macron berjanji melawan “separatisme Islam” dan untuk melindungi nilai dan prinsip Prancis.

Berikut beberapa negara yang bereaksi atas tindakan dan pernyataan Macron yang dinilai menyudutkan Islam.

Turki

Presiden Turki Erdogan merupakan salah satu pemimpin yang vokal atas tindakan Macron dan Prancis. Ia bahkan sempat menyebut Macron sebagai orang yang perlu pengobatan mental karena sikapnya terhadap Islam.

Ekonom Turki Ugur Gurses mengatakan, tidak mengherankan jika Presiden Tayyip Recep Erdogan meningkatkan ketegangan dengan Barat. Salah satu alasannya adalah Erdogan gagal mengatasi masalah ekonomi Turki yang diperburuk oleh pandemi virus corona.

“Jajak pendapat menunjukkan dukungan yang menurun secara signifikan untuk partai yang berkuasa dan sekutunya. Erdogan tahu jika Eropa atau AS menjatuhkan sanksi kepada Turki maka suaranya akan meningkat. Itulah alasan mengapa dia bertengkar dengan Macron dan Trump,” katanya.

Menurut Ilhan Uzgel, seorang profesor hubungan internasional di Universitas Ankara, perhatian utama Erdogan adalah mempertahankan dukungan di antara para pemilih.  “Erdogan tidak dapat menghasilkan kebijakan yang dapat menyelamatkan ekonomi Turki. Dan tidak ada yang terkejut dia meminta orang Turki memboikot produk Prancis. Dia sama sekali tidak peduli apakah dia memiliki citra agresif atau tidak, satu-satunya hal yang penting baginya saat ini adalah mengamankan dukungan di antara para pemilih,” katanya.

Pakistan

Perdana Menteri Imran Khan telah menyatakan ketidakpuasannya dengan komentar Macron. Ia mengatakan serangan verbal Macron terhadap Islam telah melukai perasaan ratusan juta Muslim di seluruh dunia. Banyak orang Pakistan juga tidak senang dengan apa yang dikatakan Macron.

Hubungan politik dan ekonomi yang erat secara historis antara Pakistan dan Turki berarti Turki selalu dilihat sebagai sekutu terdekat dan paling dapat diandalkan Pakistan dalam komunitas internasional. Erdogan dipandang di Pakistan sebagai pemimpin dunia Muslim – dan, bagi banyak orang, bahkan lebih penting daripada raja Saudi, penjaga dua tempat paling suci Islam di Makkah dan Madinah. Turki juga telah mengerjakan proyek pembangunan dan infrastruktur bernilai miliaran dolar di Pakistan selama beberapa dekade.

Komentar Macron juga menyebabkan reaksi di beberapa negara Arab, di antara para pemain politik yang dekat dengan Erdogan dan gerakan politik Ikhwanul Muslimin. Di Yordania, juru bicara Ikhwanul Muslimin cabang setempat mengutuk komentar Macron sebagai serangan terhadap bangsa Islam. Sementara Kementerian Luar Negeri mengatakan penerbitan kartun Muhammad telah melukai perasaan banyak Muslim.

Di Libya, Mohammed Zayed, seorang anggota dewan kepresidenan, sama-sama pedas dan menggambarkan komentar Macron sebagai “klaim keji”.  Latar belakang di sini adalah dewan kepresidenan dipimpin oleh Perdana Menteri Fayez Sarraj, yang pemerintahannya mengandalkan dukungan dari partai-partai Islam.

Qatar adalah sekutu dekat Turki lainnya. Negara Teluk dipandang sebagai sponsor utama Ikhwanul Muslimin dan cabang regionalnya. Di sini, seperti di Kuwait dan Yordania, produk Prancis telah dikeluarkan dari sejumlah supermarket.

Sejauh ini, Arab Saudi terlihat mencolok dengan keengganannya bergabung dengan paduan suara kritik. Pada Selasa, kabinet Saudi merilis kecaman dan  penolakannya terhadap setiap tindakan atau praktik teroris dan tindakan yang menghasilkan kebencian, kekerasan, dan ekstremisme. Arab Saudi juga mengutuk penggambaran kartun Nabi Muhammad. Namun, pernyataan itu tidak merujuk pada boikot produk Prancis.

Prancis 

Di Prancis, Macron tetap teguh dalam pembelaannya terhadap prinsip-prinsip kebebasan berbicara dan sekularisme Prancis, pemisahan ketat antara agama dan lembaga pemerintah.

Langkah-langkah yang dia umumkan, seperti penindasan terhadap ujaran kebencian dan penutupan organisasi yang menampung kelompok Islam radikal, didukung oleh mayoritas warga Prancis, menurut sebuah jajak pendapat baru-baru ini. Dan mereka secara khusus menarik pemilih sayap kanan dan sayap kanan.

Mengawasi pemilihan presiden pada April 2022, Macron jelas ingin menopang dukungan konservatif. Tetapi masih jauh dari jelas apakah strateginya untuk merayu para pemilih itu akan membuahkan hasil.

Seperti yang pernah dikatakan oleh Jean-Marie Le Pen, pendiri partai sayap kanan Front National (sekarang disebut National Rally), “Orang Prancis akan selalu lebih memilih yang asli daripada salinannya.” Reaksi di banyak bagian dunia Muslim semakin gencar.

Sumber: Republika

Shares: