News

Seorang pilot tewas saat padamkan kebakaran di Portugal

Helikopter pemadam berusaha memadamkan kebakaran lahan di Leiria, Portugal, 13 Juli 2022. (ANTARA/Reuters/Rodrigo Antunes/aww)

POPULARITAS.COM – Seorang pilot tewas pada Jumat (15/7/2022) setelah pesawat pengebom air yang ia terbangkan jatuh saat berjuang memadamkan kobaran api di Kota Torre de Moncorvo di Portugis utara, kata pihak berwenang.

“Dengan perasaan yang begitu cemas, saya mengetahui bahwa seorang pilot meninggal ketika mengoperasikan sebuah pesawat yang kemudian jatuh… Saya turut berduka cita yang mendalam bagi keluarga dan teman-temannya,” kata Perdana Menteri Antonia Costa di Twitter.

Komandan Otoritas Perlindungan Sipil Andre Fernandes mengatakan hanya ada satu pilot yang berada di dalam pesawat yang dinamai Fire Boss itu.

Berbagai layanan darurat, termasuk beberapa kendaraan dan sebuah helikopter, segera dikerahkan ke lokasi jatuhnya pesawat –di Kota Foz Coa– pada sekitar pukul 20.00.

Wali Kota Foz Coa Joao Sousa mengatakan kepada kantor berita Lusa bahwa pilot tersebut dinyatakan meninggal di tempat pesawat jatuh.

Kebakaran hutan di Torre de Moncorvo, kawasan yang terkenal dengan gunung-gunung dan sungai, merupakan salah satu dari sembilan kobaran api yang melalap berbagai daerah di Portugal.

Negara yang sedang dilanda kekeringan itu sudah sejak awal pekan ini bergelut menangani kebakaran. (Reuters/ant)

Shares: