HeadlineNews

Seribu gol Guardiola bersama City

Seribu gol Guardiola bersama City
Pelatih Manchester City Pep Guardiola memberikan intruksi ke pemain asuhannya saat menghadapi Bayern Munchen dalam pertandingan sepak bola leg kedua Perempat Final Liga Champions di Allianz Arena​​​​​, Munich, Jerman, Kamis (20/4/2023) dini hari. Pertandingan berakhir imbang dengan skor 1-1 namun Manchester City mengantongi agregat gol 4-1 sehingga lolos semi final. ANTARA FOTO/Reuters/​​​​​​​Heiko Becker/nym.

POPULARITAS.COM – Pep Guardiola layak disematkan sebagai pelatih fenomenal. Pria yang pernah menukangi klub-klub elit Eropa itu, kini jadi arsitek Manchester City. Pekerjaan itu dilakoninya sejak 2016 silam. Hampir tujuh tahun pria botak itu membawa The Citizen raih berbagai kemenangan.

Sejak melatih City, Guardiola telah melampui prestasi sejumlah pelatih yang pernah menukangi klub di Primier League itu. Sebut saja seperti Arsene Wenger, dan bahkan pelatih Mu Alex Ferguson.

Capaian luar biasa di raih Guardiola dengan memecahkan rekor sebagai pelatih di Liga Inggris yang mampu membukukan 1.000 gol di semua kompetisi dalam waktu paling cepat.

1.000 gol yang dipersembahkan Guardiola dibukukan usai Manchester City bekuk West Ham United 3-0 di Stadion Etihad, Kamis (4/5/2023). Rekor itu Ia capai hanya dalam 404 pertandingan, atau 2,47 gol di setiap laga klub itu.

Rekor 1.000 gol di ciptakan Guardiola lampaui catatan impresif Arsene Wenget yang pernah membukukannya jumlah gol yang sama di 554 pertanding, dan juga Alec Fergi di 601 pertandingan. 

Guardiola hanya membutuhkan 404 pertandingan untuk mencatatkan rekornya capai 1000 gol bagi klub yang Ia tukangi.

Pelatih asal Spanyol itu hanya membutuhkan tujuh musim untuk mencatatkan rekor tersebut. Di bawah Guardiola, The Citizens  tercatat mencetak 652 gol di Liga Inggris, 169 gol di Liga Champions, 103 gol di Piala FA, 66 gol di Piala Liga Inggris, enam gol di Kualifikasi Liga Champions, dan empat gol di Community Shield.

Saat ini Manchester City sedang memburu treble winner di kompetisi Liga Inggris, Liga Champions, dan Piala FA.

Di Liga Inggris, Manchester City berada di puncak klasemen dengan perolehan 79 poin selisih satu poin dari Arsenal di peringkat kedua.

Di semifinal Liga Champions, Manchester City akan bertemu dengan juara bertahan Real Madrid dan akan melawan rival sekota Manchester United pada gelaran final Piala FA.

Shares: