NewsSepakbola

Shin Tae-yong tegaskan Indonesia harus juara Piala AFF

Shin Tae-yong tegaskan Indonesia harus juara Piala AFF
Shin Tae Yong. (kompas)

POPULARITAS.COM – Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong menegaskan skuad Garuda kali ini harus menjadi juara Piala AFF 2022 setelah tahun lalu gagal mengangkat trofi kejuaraan ini karena dikalahkan Thailand pada laga final.

“Target saat ini adalah juara. Memang targetnya kali ini Indonesia harus menjadi juara sekarang,” kata Shin Tae-yong di sela-sela latihan timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (20/12/2022).

Indonesia belum pernah menaiki podium juara Piala AFF sejak turnamen tersebut digelar pada 1996 dengan hanya menjadi runner-up pada 2000, 2002, 2004, 2010, 2016, dan 2020 yang digelar pada 2021.

Namun Shin Tae-Yong, yang baru menangani timnas Indonesia pada 2020, tak ingin mengulang catatan tersebut dan menegaskan inilah saatnya Indonesia menjadi juara.

Pelatih asal Korea Selatan itu menyampaikan bahwa skuad Garuda telah siap menghadapi Kamboja pada laga perdana Grup A. Kondisi fisik para pemain juga terus meningkat setelah menjalani pemusatan latihan (TC) selama tiga pekan di Bali.

“Untuk latihan kami siap 100 persen tapi untuk pertandingan saya belum tahu karena kami belum tahu kekuatan dan kelemahan tim lawan,” kata dia.

“Tapi jadwal pertandingan kami yang belakangan dibanding tim lain membuat kami dapat menganalisa tim lawan sebelum bermain.”

Shin Tae-yong telah menetapkan 23 pemain yang akan memperkuat Indonesia pada Piala AFF 2022, namun tak ada nama Elkan Baggott dan Sandy Walsh dalam daftar tersebut.

Shin cukup menyayangkan kondisi tersebut namun dia tak begitu mempersalahkan apabila Elkan memilih bertahan memperkuat klubnya di Inggris, Gillingham FC, yang masih menjalani liga domestik. Demikian juga dengan Sandy yang kembali ke klubnya KV Mechelen di Belgia.

Indonesia akan mengawali Piala AFF 2022 melawan Kamboja pada 23 Desember di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Fachruddin Aryanto dkk kemudian bertolak ke Brunei Darussalam pada 26 Desember dan kembali ke Jakarta untuk menjamu Thailand pada 29 Desember sebelum menutup fase grup dengan menghadapi Filipina pada 2 Januari. (ant)

Shares: