News

Simeulue butuh 1.200 guru ASN

Ilustrasi, para siswa mencium tangan seorang guru honorer usai proses belajar mengajar di sekolah. Foto: Jabarekspres.com

POPULARITAS.COM – Pemerintah Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh menyatakan kabupaten kepulauan itu membutuhkan sekitar 1.200 guru aparatur sipil negara (ASN) guna mengatasi kekurangan tenaga pendidik.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Simeulue Firmanuddin mengatakan saat ini guru ASN yang ada sebanyak 1.199 orang. Dengan jumlah tersebut belum mencukupi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Simeulue.

“Kalau melihat jumlah sekolah di Kabupaten Simeulue, dengan guru ASN sebanyak 1.199 orang, tentu masih kekurangan. Jadi, dibutuhkan 1.200 guru ASN untuk memenuhi kekurangan guru di daerah ini,” kata Firmanuddin, dikutip dari laman Antara, Rabu (2/8/2023).

Ia mengatakan Pemerintah Kabupaten Simeulue memiliki 298 sekolah. Terdiri 137 sekolah pendidikan anak usia dini dan taman kanak-kanak, 115 sekolah dasar, serta 46 sekolah menengah pertama.

Dengan jumlah sekolah tersebut, kata dia, sebanyak 1.199 guru ASN tentu tidak mencukupi. Apalagi dari 1.199 guru ASN tersebut, baru 449 orang yang sudah bersertifikasi atau memiliki sertifikat sebagai guru pendidik.

Firmanuddin mengatakan pihak menggunakan tenaga honorer dan bakti guna mengatasi kekurangan guru tersebut. Tentunya, kapasitas guru honorer dan bakti tersebut juga terbatas.

“Kendati kekurangan guru ASN, namun tidak menjadi kendala dalam proses belajar mengajar peserta didik. Proses belajar mengajar harus tetap berlangsung demi melahirkan generasi penerus di Kabupaten Simeulue,” katanya.

Selain guru, dikatakannya di Kabupaten Simeulue ada dua sekolah satu atap, yakni sekolah dasar dan sekolah menengah pertama. Dua sekolah satu atap tersebut berada di Pulau Teupah dan Pulau Siumat.

“Untuk guru ASN di sekolah satu atap di Pulau Teupah, sudah mencukupi. Sedangkan di Pulau Siumat, guru ASN masih terbatas. Kedua pulau tersebut termasuk pulau terluar di Kabupaten Simeulue,” katanya.

Kabupaten Simeulue merupakan wilayah kepulauan terluar di Provinsi Aceh. Pulau Simeulue berada di Samudra Hindia yang jaraknya sekitar 180 mil laut dari pesisir barat Pulau Sumatera.

Kabupaten Simeulue merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat sejak tahun 1999. Kabupaten Simeulue memiliki 10 kecamatan dengan 138 gampong atau desa yang dihuni sekitar 94 ribuan jiwa.

Shares: