News

Nelayan diminta waspadai potensi gelombang laut Aceh capai 4 meter

BMKG ingatkan gelombang hingga empat meter di perairan Sabang
Ilustrasi: Seorang pria mengamati gelombang tinggi di Manado, Sulawesi Utara, Selasa (14/2/2023). ANTARA FOTO/Adwit B Pramono/foc. (ANTARA FOTO/ADWIT B PRAMONO)

POPULARITAS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta nelayan untuk mewaspadai potensi tinggi gelombang laut di wilayah perairan laut Aceh yang mencapai 4 meter.

“Masyarakat serta nelayan diimbau agar berhati-hati jika beraktivitas, terutama saat melaut,” kata Prakirawan BMKG Kelas I Sultan Iskandar Muda Aceh Besar Miftahul Jannah dalam keterangannya, Rabu (2/8/2023).

Ia menjelaskan gelombang laut yang mencapai 4 meter atau lebih dalam tiga hari ke depan meliputi perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, serta Samudera Hindia Barat Aceh dan sekitarnya.

Sedangkan untuk penyeberangan perairan Sabang-Banda Aceh tinggi gelombang laut hingga 1,25 meter, sedangkan penyeberangan perairan Meulaboh-Kepulauan Sinabang potensi tinggi gelombang laut hingga 2,50 meter.

“Untuk penyeberangan Banda Aceh-Sabang masih kategori tenang hingga sedang, namun harus tetap berhati-hati bagi yang ingin menyeberang apabila terjadi hujan lebat dan angin kencang,” ujarnya.

Dari sisi kecepatan angin di wilayah Aceh, lanjut dia, rata-rata antara 15-25 km/jam. Kendati demikian, perlu juga diwaspadai adanya potensi angin kencang yang dapat mencapai 30 km/jam atau lebih untuk wilayah paling barat Indonesia itu.

Ia menambahkan saat ini terpantau adanya belokan angin dan konvergensi di wilayah Aceh yang membentuk daerah perlambatan kecepatan angin, sehingga kondisi tersebut dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sebagian wilayah Tanah Rencong.

Akibatnya, kata dia, sebagian wilayah Aceh, termasuk Banda Aceh dan Aceh Besar sejak hari ini berpotensi terjadi hujan ringan hingga lebat, begitu juga untuk beberapa wilayah Aceh lainnya, seperti Kota Lhokseumawe, Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh Tamiang, Aceh Jaya, Aceh Barat, Aceh Barat Daya, Nagan Raya, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Subulussalam, Simeulue, Gayo Lues, Pidie, Aceh Utara, dan Aceh Timur.

“Untuk wilayah tersebut ada potensi terjadi banjir apabila intensitas hujan lebat dengan durasi cukup lama,” katanya.

Shares: