NewsSepakbola

Spanyol tekuk Norwegia tiga gol tanpa balas

Penyerang Spanyol Joselu (kanan) melakukan selebrasi dengan Yeremy Pino setelah mencetak gol dalam pertandingan Grup A Kualifikasi Piala Eropa 2024 di La Rosaleda, Malaga pada 26 Maret 2023. ANTARA/AFP/CRISTINA QUICLER

POPULARITAS.COM – Timnas Spanyol memulai kualifikasi Euro 2024 dengan kemenangan meyakinkan 3-0 saat menjamu Norwegia dalam pertandingan Grup A di La Rosaleda pada Minggu (26/3/2023) dini hari WIB.

Dani Olmo membuka keunggulan untuk Spanyol di babak pertama sebelum dua gol dari Joselu di akhir babak kedua menambah keunggulan tim Matador itu.

Kemenangan ini membuat Spanyol untuk sementara memuncaki Grup A dengan tiga poin, sama dengan Skotlandia yang menang dengan skor sama atas Siprus. Norwegia di posisi keempat, demikian catatan laman resmi UEFA.

Kemenangan ini juga menjadi yang perdana bagi Luis de la Fuente sebagai pelatih timnas Spanyol yang menggantikan Luis Enrique setelah Piala Dunia 2022.

Spanyol bermain agresif sejak menit awal, tetapi mereka sulit untuk membongkar pertahanan Norwegia. Namun, kebuntuan pecah pada menit ke-13.

Dani Olmo mencatatkan namanya di papan skor lewat tendangannya di depan gawang Orjan Nyland setelah menyambar umpan silang Alejandro Balde dari sisi kiri. Skor menjadi 1-0.

Norwegia mencoba untuk langsung mencetak gol penyeimbang dengan menekan pertahanan tim tuan rumah. Mereka nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-29 andai saja tendangan voli Fredrik Aursnes tidak digagalkan kiper Spanyol David De Gea.

Kedua tim saling menyerang di sisa waktu babak pertama, tetapi skor 1-0 tetap bertahan hingga turun minum.

Selepas jeda istirahat, Spanyol tidak menurunkan tempo permainan mereka dan terus mendominasi penguasaan bola. Namun, mereka masih kesulitan menambah gol karena penyelesaiannya yang buruk.

Luis de la Fuente memasukkan Mikel Oyarzabal, Yeremy Pino, Fabian Ruiz dan Joselu.

Pergantian itu terbukti membuahkan hasil. Joselu mampu mencetak dua gol pada menit ke-84 dan 85. Umpan silang Ruiz ke kotak penalti sukses disundul Joselu menjadi gol. Kedudukan menjadi 2-0.

Semenit setelahnya, Joselu mencetak gol keduanya sekaligus memperbesar skor jadi 3-0. Umpan Mikel Oryazabal membentur pemain lawan sebelum bola rebound dicocor Joselu di depan gawang.

Pertandingan berakhir dengan kemenangan 3-0 Spanyol atas Norwegia. (ant)

Susunan pemain

Spanyol (4-3-3): Kepa Arrizabalaga; Dani Carvajal, Nacho, Aymeric Laporte, Alejandro Balde; Rodri, Mikel Merino (Fabián Ruiz 81′); Dani Olmo (Yeremy Pino 67′), Iago Aspas (Dani Ceballos 58′), Gavi (Mikel Oyarzabal 58′), Alvaro Morata (Joselu 81′).

Norwegia (4-1-4-1): Orjan Nyland; Marcus Holmgren Pedersen (Julian Ryerson 74′), Stefan Strandberg, Leo Ostigard, Birger Meling (Fredrik Andre Bjørkan 74′); Martin Odegaard, Patrick Berg, Fredrik Aursnes; Sander Berge (Ola Solbakken 74′), Alexander Sorloth (Ola Brynhildsen 86′), Mohamed Elyounoussi (Jorgen Strand Larsen 74′)

Shares: