NewsOlahraga

Sukseskan gelaran PON XXI, Aceh usulkan enam venue baru

Penjabat Gubernur Aceh, Achmad Marzuki, mendampingi Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Dito Ariotedjo beserta rombongan saat meninjau lokasi pembangunan baru dan rehab Venue PON XXI/2024 Aceh-Sumut, di Banda Aceh, Kamis (3/8/2023). Foto: Humas Aceh

POPULARITAS.COM – Untuk menyukseskan Gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut tahun 2024, Pemerintah Aceh terus mempersiapkan berbagai sarana dan prasarana pendukung, terutama dalam mempersiapkan infrastruktur PON. Atas dasar tersebut, Penjabat Gubernur Aceh Achmad Marzuki bahkan telah mengusulkan pembangunan enam venue baru kepada Pemerintah Pusat.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Pemerintah Aceh Muhammad MTA, usai mendampingi Penjabat Gubernur Aceh, saat menerima kunjungan kerja Menteri Pemuda dan Olahraga RI Dito Aryotedjo, Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman serta anggota DPR RI Illiza Sa’aduddin Djamal, untuk meninjau sejumlah venue serta mendengarkan paparan Gubernur, terkait kesiapan Aceh sebagai tuan rumah event empat tahunan tersebut, Kamis (3/8/2023).

“Secara khusus, Gubernur telah mengusulkan 6 program pembangunan venue baru dan peningkatan venue PON,. Yaitu untuk cabang olahraga Kempo, Sepatu Roda, Sepakbola Putra Pool C, venue Menembak Outdoor, venue Menembak Indoor, dan venue Selam Kolam,” ujar MTA.

MTA menjelaskan, untuk Venue Kempo yang berada di Gedung Taekwondo PCC Pidie, bentuk pengerjaannya adalah menyempurnakan pembangunan gedung yang sudah digunakan saat PORA tahun lalu. Sama dengan Venue Sepatu Roda di Pantai Pelamgi Pidie dan Venue Sepak Bola Putra Pool-C di Blang Paseh Pidie, yang juga akan dilakukan peningkatan pembangunannya, karena venue ini juga telah digunakan saat gelaran PORA Pidie beberapa waktu lalu.

“Selanjutnya, pembangunan Venue Menembak Outdoor di Lapangan Tembak Rindam Mata Ie di Aceh Besar, ini akan ada peningkatan-peningkatan sarpras agar sesuai dengan standar PON. Ada lagi pembangunan Venue menembak Indoor di Alue Naga Kota Banda Aceh. Venue ini direncanakan bangun baru karena lahannya sudah disediakan oleh Pemerintah Kota Banda Aceh,” kata MTA.

Terakhir, sambung MTA, yang juga diusulkan Pak Gubernur adalah pembangunan Venue Selam Kolam di Kolam Renang Tirta Raya Kota Banda Aceh. Sama dengan venue Menembak Outdoor, nantinya Tirta Raya akan dibenahi dan di tingkatkan pembangunannya sesuai standar PON.

“Keenam usulan ini disambut positif oleh kementerian terkait. Bahkan tadi Pak Menpora serta Ketua Umum KONI Pusat meninjau langsung ke lokasi Kolam Renang Tirta Raya. Selain itu, saat ini ada beberapa venue yang juga masuk dalam peninjauan oleh Tim Pusat dalam Kunjungan Kerja Menpora di Aceh hari ini. Kita harapkan berbagai persiapan yang sedang terus berlangsung, dapat berjalan lancar dan sukses,” pungkas Muhammad MTA.

Shares: