News

Sumbangan rakyat Aceh untuk gempa Turki Rp11 miliar

Sumbangan rakyat Aceh untuk gempa Turki Rp11 miliar
Penyerahan donasi Pemerintah Aceh untuk korban gempa Turki melalui Kedubes Turki untuk Indonesia, Jakarta, Kamis (24/8/2023) (ANTARA/HO/Humas BPPA)

POPULARITAS.COM – Total sumbangan rakyat Aceh untuk gempa korban gempa Turki capai Rp11 miliar lebih. Dana tersebut diserah terimakan oleh Pemerintah Aceh yang diwakili Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBA) Ilya melalui kedutaan besar negara tersebut di Jakarta.

Gempa bumi Turki terjadi pada Februari 2023 silam. Akibat bencana itu, puluhan ribu orang dikabar meninggal dunia. Merespon hal tersebut, Pemerintah Aceh kemudian melakukan upaya mobilisasi bantuan guna membantu negara yang pernah kirimkan bantuan saat tsunami Aceh 2004 silam.

Kepala BPBA Ilyas, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (24/8/2023) mengatakan, total sumbangan Rp11 miliar tersebut, dihimpun pihaknya dari berbagai kalangan di seluruh kabupaten dan kota di provinsi ujung barat Sumatra itu.

Ilyas mengatakan, bantuan tersebut merupakan bentuk rasa persaudaraan yang tinggi dari masyarakat Aceh dengan masyarakat korban gempa bumi Turki beberapa bulan lalu.

Donasi tersebut juga merupakan bantuan dari Pemerintah dan Masyarakat Aceh yang tergabung dalam Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB).

Ilyas menjelaskan, hubungan Indonesia dengan Turki sangatlah erat, Turki adalah bangsa yang membantu Indonesia saat gempa bumi tahun 2004 di Aceh dan bencana lainnya.

“Turki termasuk negara yang berperan aktif dalam membantu rehabilitasi dan rekonstruksi Aceh pasca tsunami menerjang pada 26 Desember 2004 silam, saya sangat teringat waktu tsunami Aceh, Turki membantu kita dengan donasi yang sangat besar, dan itu digunakan untuk berbagai keperluan korban tsunami Aceh,” ujarnya.

Sebab itu, Aceh sangat senang membantu Turki. Menurutnya, masyarakat Aceh sangat mencintai Turki, karena sejarah Aceh dan Turki sangat lah erat.

Sementara itu, Duta Besar Republik Turki untuk Indonesia Prof Talip Küçükcan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Aceh atas donasinya.

Ia mengatakan, sumbangan itu akan diserahkan langsung untuk korban gempa Turki sesuai dengan mekanismenya.

“Saya harap bentuk dukungan ini juga akan memperkuat hubungan antara Turki dan Aceh, juga antara Turki dan Indonesia kedepannya,” katanya.

Talip menyampaikan, Aceh merupakan daerah yang memiliki hubungan emosional tinggi dengan Turki. Bahkan dia berencana untuk berkunjung ke Aceh untuk menghimpun kembali history Turki dan Aceh.

“Terima kasih dan Insyaa Allah kita akan kesana (Aceh) mungkin juga dengan orang-orang yang dulu datang saat Tsunami 2004. Dan mungkin itu jadi delegasi ke Aceh bersama Dubes Turki,” demikian Talip.

Editor : Hendro Saky

Shares: