News

Sungai Kali Bulan Meluap, Sejumlah Desa di Aceh Tenggara Diterjang Banjir

914 unit rumah terendam banjir setinggi 0,8 meter di Aceh Besar
Ilustrasi,

POPULARITAS.COM – Sebanyak enam desa dalam tiga kecamatan di Kabupaten Aceh Tenggara diterjang banjir pada Minggu (15/8/2021) malam, sekira pukul 22.57 WIB.

Keenam desa itu masing-masing adalah Desa Penampakan dan Gusung Batu di Kecamatan Deleng Pokhisen.

Lalu, Desa Batu Mbulan Sepakat, Batu Mbulan Asli, Gumpang Jaya di Kecamatan Babussalam, dan Desa Bambel di Kecamatan Bambal.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (Kalak BPBA), Ilyas mengatakan, banjir tersebut terjadi akibat meluapkanya sungai Kali Bulan di Aceh Tenggara.

“Akibat hujan dengan intensitas tinggi yang melanda wilayah Kabupaten Aceh Tenggara mengakibatkan meluapnya air sungai Kali Bulan dan jebolnya tanggul sungai di beberapa desa sehingga mengakibatkan terjadinya banjir,” katanya dalam keterangan, Senin (16/8/2021).

Adapun dampak material dari kejadian itu, kata Ilyas, masih dalam pendataan pihak BPBD Aceh Tenggara. Demikian juga korban terdampak dan pengungsi.

“Korban terdampak dan apakah ada pengungsi masih dalam pendataan,” ungkap Ilyas.

Ia menambahkan, pasca kejadian, BPBD Aceh Tenggara mengerahkan tim reaksi cepat (TRC) untuk kaji cepat, berkoordinasi dengan instansi terkait dan bersama tim gabungan dibantu masyarakat bergotong royong membersihkan material lumpur.

“Kondisi terakhir pukul 06.44 WIB ini, untuk sementara beberapa desa air hingga kini masih tergenang,” sebut Ilyas.

Editor: dani

Shares: