HeadlineNews

Sungai Meluap, Ratusan Rumah di Aceh Timur Terendam

POPULARITAS.COM – Hujan deras yang mengguyur wilayah Aceh Timur dan sekitarnya menyebabkan 3 desa di kabupaten tersebut terendam banjir pada Senin (18/1/2021) pagi.

Pusat Data dan Informasi Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) mencatat ada sebanyak 301 unit rumah yang terendam akibat banjir tersebut. Jumlah ini berasal dari dua desa di dua kecamatan di Aceh Timur.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBA, Ilyas mengatakan, 3 desa yang terendam banjir adalah Gampong Jambo Rehat (Kecamatan Banda Alam), Perkebunan Julok Rayeuk dan Jambo Lubok (Kecamatan Indra Makmur).

“Di Gampong Jambo Rehat ada 30 unit rumah yang terdampak banjir dan Gampong Perkebunan Julok Rayeuk ada 271 unit rumah, sedangkan Gampong Jambo Lubok masih dalam pendataan,” ujar Ilyas dalam keterangannya, Senin (18/1/2021).

Ia menjelaskan, banjir tersebut disebabkan oleh tingginya intensitas hujan yang mengakibatkan meluapnya sungai di Kecamatan Banda Alam dan Kecamatan Indra Makmur.

“Update terakhir pada pukul 9 pagi bahwa di sana masih terjadi banjir,” sebut Ilyas.

Ilyas menyampaikan, ketinggian banjir antara 10 hingga 80 cm. Hingga saat ini, pihaknya belum menerima laporan adanya warga yang harus mengungsi. “Pengungsi masih nihil,” jelas Ilyas.

Ilyas menambahkan, dari dua desa yang sudah didata, banjir tersebut berdampak pada seribuan jiwa. Rinciannya adalah Gampong Jambo Reuhat sebanyak 130 jiwa dan Gampong Perkebunan Julok Rayeuk Utara sebanyak 1034 jiwa.

“Gampong Jambo Lubok masih dalam pendataan petugas BPBD Aceh Timur,” ungkap Ilyas.

Editor: dani

Shares: