News

Suntik Booster Vaksin Moderna ke Nakes di Banda Aceh Ditarget Selesai Agustus

vaksinasi nakes di Banda Aceh. (ist)

POPULARITAS.COM – Pemerintah Kota Banda Aceh menargetkan vaksinasi dosis ketiga jenis Moderna untuk seluruh tenaga kesehatan (nakes) di kota tersebut selesai pada Agustus 2021.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Lukman mengungkapkan, saat ini ibu kota Provinsi Aceh itu telah mendapatkan 4.760 dosis vaksin Moderna dari Pemerintah Aceh.

Menurutnya, semua dosis itu diperuntukkan bagi tenaga kesehatan yang telah melakukan vaksin dosis satu dan dua Sinovac minimal 3 bulan.

Baca: Hari Ini Nakes di Aceh Dapat Suntikan Booster Vaksin Moderna

“Nantinya saat petugas menginput data calon penerima vaksin ini, kelihatan datanya. Apabila nakesnya baru dosis pertama dan belum kedua, maka akan ditolak,” ujarnya dalam keterangan, Rabu (11/8/2021).

Untuk hari pertama pelaksanaan, kata Lukman, dari 42 target, nakes yang mendapatkan vaksin dosis ketiga berjumlah 28 orang. Proses vaksinasi ini akan terus digenjot hingga selesai.

Lukman menegaskan, selama pelaksanaan vaksinasi, dilaporkan tidak ada efek samping serius yang ditimbulkan.

“Para tenaga kesehatan yang mengikuti vaksinasi mengaku tidak merasakan gejala maupun reaksi yang signifikan,” papar Lukman.

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah mengatakan, pemberian vaksin itu dalam upaya meningkatkan proteksi kepada tenaga kesehatan sebagai garda terdepan penanganan pandemi Covid-19

Ia berharap masyarakat dapat menjalankan prokes secara ketat. Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi kegiatan yang bersifat mobilisasi sehingga dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Banda Aceh mulai hari ini memasuki PPKM level 4, oleh karena itu kita meminta kepada seluruh warga kota untuk lebih waspada, karena saat di level 3 penularannya luar biasa,” ungkapnya.

Shares: