News

Susuri sungai gunakan perahu raja, Pj Gubernur Aceh ziarahi makam Syekh Ali Al Fansyuri

Susuri sungai gunakan perahu raja, Pj Gubernur Aceh ziarahi makam Syekh Ali Al Fansyuri
Pj Gubernur Aceh Bustami Hamzah saat ziarah ke makam Syekh Ali Al Fansyuri di Simpang Kanan, Singkil, Sabtu (27/4/2024). FOTO : Humas Aceh

POPULARITAS.COM – Menyusuri sungai kurang lebih 45 menit gunakan perahu raja, Pj Gubernur Aceh bersama istri ziarahi makam Syekh Ali Al Fansyuri. Permakaman ayah kandung dari ulama besar Syekh Abdurrauf As-Singkili tersebut, terletak di Tepi Sungai Simpang Kanan.

Menuju ke lokasi permakaman, setiap penziarah harus menggunakan boat, atau kerap disebut perahu raja. Membelah sungai selama kurang dari satu jam, rombongan Pj Gubernur Aceh Bustami Hamzah tiba di lokasi tempat Syekh Ali Al Fansyuri dikebumikan, Sabtu (27/4/2024)

Usai turun dari perahu, Pj Gubernur Aceh dan rombongan berjalan sejarak 100 meter tempat kapal tertambat. Suasana hening, dan para penziarah pun larut dalam doa dan zikir yang dipimpin oleh Ustad Azwar Ramnur.

Pj Gubernur Aceh Bustami Hamzah memang telah berkeinginan bisa menziarahi sejumlah makam ulama di Singkil, salah satunya makam Syekh Ali Al Fansuri. Karna itu, dia menyampaikan terimakasih kepada Pj Bupati Singkil yang telah mengantarkanya ketempat itu.

“Terimakasih Pak Pj Bupati. Ziarah ke makam ulama memberikan banyak pelajaran bagi kita bahwa kematian ada pasti dan semua kita akan menghadapinya,” kata Bustami.

Bustami juga menyebutkan bahwa, ziarah yang Ia lakukan sebagai Napak tilas yang baik. Hal tersebut berguna untuk mengenang perjalanan Kabupaten Aceh Singkil yang saat ini sudah berusia 25 tahun. Sejarah daerah ini yang mashur tentang banyaknya ulama-ulama terkenal yang mewarnai perjalanan Aceh dimasa lampau.

Semoga, di usianya yang ke-25 tahun, kabupaten ini dapat menjadikan kemashuran para ulama disini pada tempi dulu, guna dijadikan referensi dalam wujudkan Aceh Singkil yang maju dan sejahtera seperti yang di cita-citakan para leluhur, demikan Bustami Hamzah.

Shares: