HeadlineNews

Tak Pakai Masker Dihukum Mengaji di Aceh Tamiang

Mulai Besok, Pengendara yang Tak Pakai Masker Diminta Pulang
ilustrasi, Anak Memakai Masker karena Mewabahnya Virus Corona. Klikdokter.com

ACEH TAMIANG (popularitas.com) – Bagi warga Kabupaten Aceh Tamiang bersiap-siap dihukum mengaji bila kedapatan tidak menggunakan masker saat berada di ruang publik.

Upaya ini dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan minta masyarakat menggunakan masker di tempat keramaian untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Hukuman mengaji bagi yang tidak menggunakan masker diawasi langsung oleh tim dari Majelis Permusyawatan Ulama (MPU) Aceh Tamiang. Setelah itu petugas memberikan masker gratis kepada pelanggar tersebut dan diminta untuk patuh pada protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Wakil Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Aceh Tamiang, Letkol Inf Deki Rayusyaj Putra mengatakan, sosialisasi penggunakan masker terus dilakukan sejak beberapa hari belakang di tempat-tempat umum. Sosialisasi ini bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, agar masyarakat lebih sadar untuk menggunakan masker pada saat diluar rumah dan beraktivitas ditempat keramaian.

“Padahal sudah kita ketahui bersama, penggunaan masker sangat penting selama pandemi ini, hari ini bersama-sama dengan instansi lain, baik dari TNI-Polri dan seluruh unsur Pemerintahan Kabupaten Aceh Tamiang langsung turun ke lapangan untuk menghimbau masyarakat wajib masker dan akan memberikan sanksi sesuai dengan syari’at islam,” Letkol Inf Deki Rayusyaj Putra, Kamis (7/5/)2020.

Komandan Kodim (Dandim) 0117/Atam ini menjelaskan, sanksi bagi yang tidak menggunakan masker yakni kepada yang bersangkutan akan membaca Al-Qur’an, surah-surah pendek yang diawasi langsung oleh pihak MPU Kabupaten Aceh Tamiang dan setelah itu masyarakat akan diberi masker secara gratis.

Menurutnya, kesadaran masyarakat untuk menggunakan masker masih sangat kurang, sehingga batasan sosialisasi wajib masker ini akan terus dilakukan sampai waktu yang belum ditentukan dan sampai terlihat kesadaran masyarakat meningkat.[acl]

Shares: