NewsSepakbola

Taklukkan Tajikistan, Qatar melaju babak 16 besar Piala Asia 2023

Taklukkan Tajikistan, Qatar melaju babak 16 besar Piala Asia 2023
Penyerang Qatar Akram Afif (kanan) melepaskan tembakan pada pertandingan Grup A Piala Asia 2023 melawan Tajikistan di Stadion Al Bayt, Doha, Rabu (17/1/2024). (ANTARA/AFP/HECTOR RETAMAL)

POPULARITAS.COM – Qatar tampil gemilang fase penyisihan grup Piala Asia 2023. Bertanding di Stadion Al Bayt, Kamis (18/1/2024) dini hari, Qatar berhasil pencundangi pendatang baru Tajikistan dengan skor 1-0.

Sebelumnya, Qatar juga berhasil taklukkan Libanon 3-0. Kemenangan beruntun tersebut, memastikan negara kaya minyak itu melaju ke babak 16 besar Piala Asia.

Penampilan Qatar cukup gemilang di Piala Asia 2023 kali ini. Hal tersebut tak terlepas dari pelatih baru Tintin Marquez yang menjadi pelatih negara itu sejak tahun lalu.

Qatar yang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022, tampil buruk, dan bahkan penampilan kesebelasan tersebut dinilai paling buruk sepanjang sejarah timnas sebagai tuan rumah penyelenggara.

Keputusan Qatar memecat pelatih Carlos Quiroz usai Piala Dunia dan menggantinya dengan Tintin Marquez, berbuah manis dengan sejumlah kemenangan yang di raih di Piala Asia 2023.

Jalannya pertandingan

Penyerang Akram Afif yang mencetak dwigol pada pertandingan pembukaan, kembali menjadi pahlawan Qatar dengan gol semata wayangnya.

Ia mengejar bola umpan terobosan Almoez Ali pada menit ke-17, sebelum menaklukkan kiper Tajikistan Rustan Yatimov.

“Almoez adalah salah satu sahabat saya dan kami saling memahami satu sama lain. Kami telah bermain bersama sejak lama, maka kami memahami apa yang diinginkan hanya dengan melihat. Kami berharap hal-hal baik akan terus berlanjut,” kata Afif seperti dikutip dari AFP.

Tajikistan menyelesaikan pertandingan dengan sepuluh pemain setelah Amadoni Kamolov Kamolov diusir keluar lapangan akibat menendang wajah Ahmed Al-Ganehi pada menit ke-81. Itu merupakan kartu merah pertama yang terjadi di Piala Asia 2023.

Kemenangan Qatar membawa mereka melaju sebagai juara Grup A dengan menyisakan satu pertandingan yang belum dimainkan, namun siapa yang mendampingi Qatar baru dapat diketahui setelah pertandingan putaran terakhir.

Pada pertandingan-pertandingan putaran terakhir Grup A yang dimainkan pada Senin (21/1), Qatar akan bermain melawan China, sedangkan Tajikistan meladeni Lebanon.

Meski dua kali bermain imbang dengan skor 0-0, China masih menjadi tim dengan peluang terbesar untuk mendampingi Qatar. China memiliki dua poin, sedangkan Tajikistan dan Lebanon masing-masing baru memiliki satu poin.

Shares: