KesehatanNews

Tarif PCR di Lhokseumawe turun menjadi Rp275 ribu

Pihak Rumah Sakit TNI AD Kota Lhokseumawe, menerapkan aturan harga terbaru terkait dengan ters polymerase chain reaction (PCR) di instansi tersebut. Hal tersebut menyusul terbitnya aturan terbaru dari Kementrian Kesehatan RI yang menetapkan batas harga ters Covid-19 itu.
Tarif PCR di Lhokseumawe turun menjadi Rp275 ribu
Pemain Persiraja Banda Aceh official menjalani tes swab untuk mendeteksi virus Corona atau Covid-19 di Laboratorium Penyakit Infeksi Universitas Syiah Kuala, Senin (21/9/2020). (Istimewa)

POPULARITAS.COM – Pihak Rumah Sakit TNI AD Kota Lhokseumawe, menerapkan aturan harga terbaru terkait dengan ters polymerase chain reaction (PCR) di instansi tersebut. Hal tersebut menyusul terbitnya aturan terbaru dari Kementrian Kesehatan RI yang menetapkan batas harga ters Covid-19 itu.

Kepala Rumah Sakit TNI AD Kota Lhokseumawe, Mayor CKM Arief Puguh dihubungi per telepon, menyebutkan harga tes PCR itu sesuai dengan ketentuan pemerintah terbaru

“Begitu dikeluarkan edaran oleh Kemenkes RI dua hari lalu. Langsung kita berlakukan tarif itu. Sekarang sudah RP 275 ribu. Ini khusus untuk mereka yang berpergian,” kata Arief, Rabu (3/11/2021). 

Pada dasarnya, Rumah Sakit TNI AD patuh pada instruksi pemerintah terkait harga PCR Covid-19. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe, Said Alam Zulfikar, menyebutkan di Kota Lhokseumawe hanya Rumah Sakit TNI AD yang memiliki fasilitas tes PCR.

“Jadi kita tidak keluarkan surat edaran lagi untuk klinik. Karena hanya Rumah Sakit TNI AD saja yang punya layanan tes PCR di Lhokseumawe,” kata Said.

Sedangkan Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara, Amir Syarifuddin, dihubungi terpisah menyebutkan dirinya masih menunggu surat edaran resmi dari Dinas Kesehatan Provinsi Aceh soal tarif tes PCR di Aceh.

“Jadi saya belum keluarkan edaran untuk klinik soal penegasan harga PCR. Kita tunggu dulu edaran dari Dinkes (Dinas Kesehatan) Aceh. Baru kita keluarkan edaran untuk wilayah Aceh Utara,” pungkasnya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo menegaskan tes PCR dibawah Rp 300 ribu, untuk masyarakat yang bepergian. Sebelumnya harga tes PCR sempat pada tarif Rp 700 ribu.

Editor : Hendro Saky

Shares: