News

Terluka akibat ledakan, ABK kapal berbendera Liberia dievakuasi ke Banda Aceh

Teluka akibat ledakan, ABK kapal berbendera Liberia dievakuasi ke Banda Aceh
Teluka akibat ledakan, ABK kapal berbendera Liberia dievakuasi ke Banda Aceh
ABK kapal berbendera Liberia dievakuasi ke Banda Aceh, Minggu (18/12/2022). Foto: Ist

POPULARITAS.COM – Basarnas Banda Aceh pada Minggu (18/12/2022), mengevakuasi anak buah kapal (ABK) kapal kargo MV Ocean Leo berbendera Liberia ke Rumah Sakit Umum Daerah dr Zainoel Abidin (RSUDZA), kota setempat.

ABK bernama Quim Franlen S. Balano (27), warga negara Filipina itu mengalami luka robek di lengan kiri usai terjadinya ledakan saat melakukan uji tekanan pada mesin kapal.

Kepala Basarnas Banda Aceh, Ibnu Harris Al Hussain dalam keterangannya, Minggu (18/12/2022) mengatakan, kejadian nahas tersebut terjadi saat korban berlayar dari Afrika Selatan menuju Singapura.

Tepatnya di perairan Samudera Hindia, kata Harris, korban melakukan uji tekanan pada mesin, mengakibatkan terjadi ledakan yang berakibat lengan kirinya terluka hingga terjadi pendarahan terus menerus.

“Selanjutnya kapten kapal melaporkan kejadian tersebut kepada agen PT Pelindo dan diteruskan ke Basarnas Banda Aceh,” kata Harris.

Dari laporan tersebut, kata Harris, pada pukul 07.00 WIB Tim Rescue Basarnas Banda Aceh bersama unsur terkait bergerak ke titik intercep menggunakan KN SAR Kresna 232 untuk melakukan evakuasi medis terhadap korban.

Pukul 07.30 WIB, lanjut dia, KN SAR Kresna 232 tiba di lokasi dan sandar di kapal MV Ocean Leo. Selanjutnya tim medis dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banda Aceh memeriksa kondisi korban di atas MV Ocean Leo.

“Pukul 08.20 WIB setelah dinyatakan aman oleh tim medis, Rescuer Basarnas Banda Aceh langsung mengevakuasi korban ke atas Kapal KN Sar Kresna 232 dan membawa korban menuju pelabuhan Ulee Lheue, selanjutnya dievakuasi ke RSUDZA,” katanya.

Shares: